Makassar, sulselprov.go.id - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Gigi dan Mulut menggelar bakti sosial Operasi Celah Bibir dan Langit-langit, yang berlangsung di RSKD Gigi dan Mulut, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Makassar, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Direktur RSKD Gigi dan Mulut drg. Wiwik Elnangti Wijaya, mengatakan, kegiatan ini adalah rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Sulsel ke 355. Kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi RSKD Gigi dan Mulut dengan menggelar bakti sosial Operasi Celah Bibir dan Langit-langit.

"Sasarannya, semua masyarakat Sulsel yang membutuhkan perawatan ini karena orang atau manusia yang lahir dengan adanya kekurangan celah bibir dan langit-langit itu, merupakan suatu hambatan. Kalau misalnya anak-anak begitu maka menghambat fungsi Intake nutrisinya. Jadi pemenuhan gizinya ke anak itu terganggu sehingga berujung pada stunting," katanya.

Operasi celah bibir dan langit-langit ini, kata Wiwik, untuk mengembalikan rasa percaya diri para penderitanya sehingga akan lebih mudah untuk bersosialisasi dengan lingkungannya dan tidak mudah lagi menjadi korban bullying di sekolah.

Wiwik mengatakan, sebanyak 8 peserta yang telah lolos tahapan screening dan memenuhi persyaratan, mengikuti operasi celah bibir dan langit-langit dari total 14 orang pendaftar.

Terbatasnya jumlah peserta yang mengikuti bakti sosial tersebut, kata Wiwik dikarenakan terbatasnya masa sosialisasi. 

"Lumayan singkat untuk menggaungkan ini sehingga pasien yang mendaftar ada 14, tetapi yang lolos screening di kami itu ada 8 orang dan memang harus ada pemeriksaan yang cukup ketat dari dokter-dokter kami," tutupnya. (*)