Sebanyak 70 orang tenaga kesehatan (Nakes) yang terpapar covid-19 sudah sekitar 60 persen dinyatakan sembuh total.

Hal itu ditegaskan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel, Syafri Kamsul Arif saat ditemui di Hotel Swiss Bell Hotel, Senin, 22 Juni 2020. 

Syafri Kamsul Arif mengatakan 70 orang Nakes yang terpapar covid-19 merupakan akumulasi dari jumlah positif sejak bulan Maret 2020 lalu. 

"Jadi dari 70 orang tenaga kesehatan (Nakes) yang terpapar virus Covid-19, sebanyak 60 persen sudah dinyatakan sembuh total atau sekitar 40 orang sudah sembuh sempurna", ungkapnya.

Direktur RS Pendidikan Unhas Makassar ini menyebutkan dalam perkembangannya saat ini tidak ada yang sedang untuk Nakes. 

"Jadi kondisi Nakes kita tidak ada yang berkembang menjadi keadaan sedang, berat, bahkan kritis. Klasifikasi kedua terkait hanya tinggal dua itu tidak benar. Bahwa mungkin terbalik, yang saat ini memang dua dokter kita yang terkena di IRD", sebutnya. 

Syafri menambahkan untuk ventilator saat ini yang terpakai baru dua unit dari total  45 ventilator yang dimiliki RS  rujukan Covid-19.

 "Dari total 45 ventilator yang ada, terpakai baru dua ventilator. Dan Sampai saat ini RS yang bisa merawat pasien dengan mengunakan ventilator, antara lain RS Wahidin, RS Siloam, RS Dadi, RS Sayang Rakyat dan RS Daya", tutupnya.

Senin, 22 Juni 2020 (Diskominfo)