Makassar, sulselprov.go.id - Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan (Prov. Sulsel) Amson Padolo menerima kunjungan Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Republik Indonesia (BMKG RI) A. Fachri Radjab beserta rombongannya di Kantor BPBD Prov. Sulsel, Kamis (12/01/2023).

Kunjungan A. Fachri Radjab tersebut dalam rangka koordinasi terkait pelaksanaan teknologi modifikasi cuaca (TMC) sebagai tindak lanjut permohonan yang telah dilayangkan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman beberapa waktu lalu. 

Pada kesempatan tersebut, A. Fachri Radjab menyampaikan bahwa sesuai dengan prakiraan BMKG, curah hujan tinggi akan kembali terjadi di Sulawesi Selatan dalam beberapa hari ke depan.

"Sehingga, untuk mengantisipasi cuaca ekstrim tersebut, BNPB, BRIN, BMKG dan TNI-AU akan melaksanakan TMC yang akan di mulai besok 13 Januari 2023 di sekitar Laut Sulawesi," kata Fachri.

Sementara itu, Amson Padolo menyebutkan bahwa TMC sebagai upaya mitigasi yang dilakukan BPBD Prov. Sulsel dalam menghadapi terjadinya bencana hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor dan abrasi.

"Bapak Gubernur selalu menekankan kepada kami di BPBD melakukan mitigasi, untuk meminimalisir korban akibat bencana. Ini salah satu upaya kami, berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk melakukan modifikasi cuaca," sebutnya.

Hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Kantor BMKG Wilayah IV Makassar, perwakilan Tim BNPB serta perwakilan BRIN.(*)