website resmi pemerintah provinsi sulawesi selatan http://sulselprov.go.id

Baruga Karaeng Pattingalloang Diresmikan Bertepatan dengan Ultah Gubernur

  • 93 pengunjung
  • 31 hits
  • 16 Mar 2017
Baruga Karaeng Pattingalloang Diresmikan Bertepatan dengan Ultah Gubernur

Tepat hari Kamis 16 Maret 2017 merupakan hari ulang tahun Gubernur Sulawesi Selatan, DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.,M.Si.,MH yang ke-62. Pada peringatan hari spesial kali ini, Gubernur Syahrul secara langsung meresmikan Baruga Karaeng Pattingalloang, sekaligus penanaman pohon pada sekitar bangunan yang terletak di Jalan Sungai Tangka Makassar.

Peresmian Baruga Karaeng Pattingalloang ini merupakan pengganti Baruga Sangiaseri, yang rencananya akan dirubuhkan untuk dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Menurut Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (PKP2) Sulsel, Andi Bakti Haruni, pembangunan baruga yang yang memiliki luas 1.347 meter persegi itu menggunakan dana APBD sebesar Rp5,4 miliar. 

"Baruga ini bisa menampung hingga lima ratus orang, dan lantainya juga sudah menggunakan marmer," jelas Andi Bakti.

Andi Bakti menambahkan, Baruga Karaeng Pattingalloang dilengkapi dengan tempat parkir,‎ ruang ganti, kantor, balkon, hingga toilet.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, menjelaskan, pemilihan nama Karaeng Pattingalloang bukan tanpa alasan. Karaeng Pattingalloang merupakan salah satu teknokrat di zamannya. Pada abad ke- 17, Karaeng Pattingalloang bahkan sudah menguasai bahasa asing.

"Karaeng Pattingalloang memiliki perpustakaan dan koleksi buku lebih dari dua ribu judul. Karaeng Pattingalloang adalah cendekiawan, yang menguasai teleskop dan bisa membaca peta dunia dengan sangat baik," ungkapnya.

Menurut Syahrul, Karaeng Pattingalloang adalah wujud pemersatu. Karena itu, ia memberi nama gedung baru tersebut dengan nama Karaeng Pattingalloang.

"Melihat Indonesia bukan hanya dari Pulau Jawa, tapi juga di timur Indonesia. Sulsel adalah barometer pembangunan di seluruh Indonesia," pungkasnya. 

Kamis, 16 Maret 2017 (Ak/Na) 

Terkait

    • 1405 pengunjung
    • 1395 hits
    • 13 01 2016

    Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) RI, Ilyas Asaad mengatakan pihak kementerian membentuk sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) baru di Sulawesi Selatan (Sulsel). Selengkapnya.

    • 725 pengunjung
    • 788 hits
    • 22 01 2016

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan akan berupaya mendorong percepatan akses keuangan di daerah. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat rapat bersama OJK pada 15 Januari lalu. Selengkapnya.

    • 600 pengunjung
    • 599 hits
    • 18 01 2016

    Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH  mengatakan, masyarakat, Pemerintah Daerah, dan TNI AD sebelumnya telah bekerja sama dalam meningkatkan produksi beras. Hal tersebut membuat perekonomian Sulsel tidak ikut turun saat kondisi perekonomian Indonesia sedang mengalami penurunan.

    Selengkapnya.

menu lainnya