Tepat hari Kamis 16 Maret 2017 merupakan hari ulang tahun Gubernur Sulawesi Selatan, DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.,M.Si.,MH yang ke-62. Pada peringatan hari spesial kali ini, Gubernur Syahrul secara langsung meresmikan Baruga Karaeng Pattingalloang, sekaligus penanaman pohon pada sekitar bangunan yang terletak di Jalan Sungai Tangka Makassar.

Peresmian Baruga Karaeng Pattingalloang ini merupakan pengganti Baruga Sangiaseri, yang rencananya akan dirubuhkan untuk dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Menurut Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (PKP2) Sulsel, Andi Bakti Haruni, pembangunan baruga yang yang memiliki luas 1.347 meter persegi itu menggunakan dana APBD sebesar Rp5,4 miliar. 

"Baruga ini bisa menampung hingga lima ratus orang, dan lantainya juga sudah menggunakan marmer," jelas Andi Bakti.

Andi Bakti menambahkan, Baruga Karaeng Pattingalloang dilengkapi dengan tempat parkir,‎ ruang ganti, kantor, balkon, hingga toilet.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, menjelaskan, pemilihan nama Karaeng Pattingalloang bukan tanpa alasan. Karaeng Pattingalloang merupakan salah satu teknokrat di zamannya. Pada abad ke- 17, Karaeng Pattingalloang bahkan sudah menguasai bahasa asing.

"Karaeng Pattingalloang memiliki perpustakaan dan koleksi buku lebih dari dua ribu judul. Karaeng Pattingalloang adalah cendekiawan, yang menguasai teleskop dan bisa membaca peta dunia dengan sangat baik," ungkapnya.

Menurut Syahrul, Karaeng Pattingalloang adalah wujud pemersatu. Karena itu, ia memberi nama gedung baru tersebut dengan nama Karaeng Pattingalloang.

"Melihat Indonesia bukan hanya dari Pulau Jawa, tapi juga di timur Indonesia. Sulsel adalah barometer pembangunan di seluruh Indonesia," pungkasnya. 

Kamis, 16 Maret 2017 (Ak/Na)