Bertempat di Hotel Le Meredian Jakarta Pusat, Senin malam (09/12/2019), Baruga SP4N-LAPOR! Pemprov Sulsel ditetapkan sebagai salah satu Pengelolaan Pengaduan Publik Terbaik Nasional Top 30 setelah berkompetisi dengan 312 peserta antar instansi kabupaten/kota, provinsi dan kementerian/lembaga serta Unit Pelayanan Pengaduan.

Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2019 ini adalah termasuk kompetisi kategori bergengsi karena terkait dengan performance daerah dalam pengeloalaan aduan masyarakat terutama tindak lanjut pengaduan untuk mengatasi berbagai masalah publik yang berujung pada layanan publik yang progresif.

Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Prov Sulsel, Andi Hasdullah mewakili Gubernur Nurdin Abdullah menerima penghargaan tersebut yang diserahkan langsung oleh TJAHJO KUMOLO, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (MENPAN-RB RI), mengatakan bahwa tatakelola aduan Baruga Sulsel - SP4N-LAPOR!ini progresnya memang cukup tinggi karena aduan ini berbasis media sosial dan android.

"Kita berikan layanan kemudahan, kecepatan dan akurasi dalam menyampaian aduan yang prosesnya hanya butuh 15 menit saja aduan itu sudah sampai ke instansi berwenang untuk peyelesaiannya. Saat ini admin Baruga-LAPOR ada di OPD Prov, kab/kota, bahkan sudah tembus sekitar pada angka 650 admin intansi yang tersambung dengan Baruga-LAPOR ini dan posisi Diskominfo-SP Sulsel ikut terus mengontrol tindak lanjut aduan yang masuk, baik itu menyangkut kewenangan pusat, provinsi maupun kab/kota," beber Hasdullah.

Hasdullah menambahkan, termasuk Sosialisasi Aplikasi Baruga-LAPOR!terus diintensifkan. "Ada sosialisasi goes to campus, bimtek dengan berbagai komunitas, membuat brosur, iklan radio dan berbagai kanal yang lain. Intinya adalah kita berharap seluruh kalangan masyarakat Sulsel tahu dan dapat memanfaatkan aplikasi aduan ini sehingga secara nyata masyarakat dilayani dengan cepat atas berbagai masalah publik yang dibutuhkan, hadir pemerintah untuk memberi solusi dan memberikan layanan yang dibutuhkan rakyat," ungkapnya.

Hasdullah berharap kehadiran aplikasi aduan Baruga Sulsel - SP4N-LAPOR! dapat dirasakan manfaatnya dan menjadi penyambung lidah rakyat kepada Pemprov Sulsel yang makin mendekatkan pemerintah dan rakyat Sulsel.

"Gubernur Nurdin Abdullah diberbagai forum selalu menyampaikan agar masyarakat memanfaatkan Baruga Sulsel - SP4N-LAPOR! untuk melaporkan atau mengadu dan menyampaikan aspirasinya karena aplikasi aduan ini kita tidak mau hanya sebagai media tempat curhat tapi menjadi media solutif dan seluruh aduan pasti diperhatikan untuk ditindaklanjuti dalam rangka peningkatan kualitas layanan publik di Sulsel,"pungkas Hasdullah.

Senin, 9 Desember 2019 (diskominfo)