Asisten IV Bidang Administrasi Sekda Provinsi Sulawesi Selatan, DR. H. Ruslan Abu, SH., MH menerima rombongan Benchmarking To Best Practice Peserta Diklat Kepemimpinan Tk. III Angkatan III Tahun 2016 Pemprov. Lampung, di Ruang Pola Kantor Gubernur, Selasa, (30 Agustus 2016).

H. Ruslan Abu dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka membentuk sosok pemimpin birokrasi yang inovatif dan memiliki kemampuan yang tinggi dalam merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan strategis.

“Birokrasi harus disiplin untuk mewujudkan kinerja yang bermanfaat bagi masyarakat, namun juga tetap harus memperhatikan berbagai tuntutan global yang seringkali perubahannya begitu cepat. Dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), kita harus berperan dan mampu mempengaruhi  ekonomi ASEAN itu sendiri,”jelasnya.

Menurut Ruslan, peran birokrasi yang bersih, efesien dan melayani sangatlah penting. Selain itu birokrasi harus mampu menjadi katalisator perubahan masyarakat kearah yang lebih baik. Setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mampu menjadi contoh dan teladan di lingkungan masing-masing untuk menyonsong perubahan berbagai perubahan tersebut.

“Dengan model penyelenggaraan diklat menggunakan pola baru, diharapkan dapat menimbulkan dampak positif terhadap pelaksanaan pemerintahan secara khusus di daerah antara lain : tergabungnya visi misi dan persepsi peserta terkait penyelenggaraan pemerintahan dan dapat melakukan inovasi dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan.”punngkasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Daerah Provinsi Lampung, Dra. Hj. Adriyana Umar melaporkan bahwa peserta diklat akan melakukan Patok Banding di tempat tujuan atau Lokus untuk mengadopsi dan mengaplikasikan di instansi tempat peserta bekerja sesuai dengan rencana proyek perubahan dari masing-masing peserta diklat.

“Dipilihnya Pemprov. Sulsel sebagai lokasi Patok Banding adalah atas dasar pertimbangan bahwa Pemprov. Sulsel selama ini dinilai berhasil melaksanakan pembangunan baik dalam bidang pemerintahan, pembangunan maupun kemasyaraktan. Dengan pertimbangan itulah diharapkan para peserta dapat menimbah pengalaman dari keberhasilan-keberhasilan Pemprov. Sulsel.”katanya.

Diakhir acara, dilanjutkan penyerahan cendera mata antara Pemprov. Sulsel dengan Pemprov. Lampung. Begitupun sebaliknya.

Selasa, 30 Agustus 2016 (Rs/Tn)