Gowa, sulselprov.go.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas mengapresiasi berdirinya Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gowa. 

Hal tersebut diungkapkan saat dirinya melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Selatan. Dimana salah satu yang dikunjungi yakni MPP Gowa yang terletak di Jalan Hos Cokrominoto Sungguminasa, Jum'at (19/7). 

"Kami mengapresiasi atas berdirinya MPP ini yang sebelumnya telah kita resmikan secara online, apalagi tidak semua kabupaten/kota di Sulawesi Selatan punya MPP. Bukan hanya itu dari sekian kunjungan saya melihat MPP, salah satu MPP yang dibangun dengan baik, melibatkan arsitek hebat adalah Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gowa," ungkapnya. 

Azwar Anas mengaku bangga dan senang datang ke Kabupaten Gowa. Menurutnya Gowa merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak prestasi salah satunya terbangunnya MPP yang nantinya mampu menjadi contoh bagi daerah lain. 

"Kita senang hari ini datang ke kabupaten yang banyak prestasinya, mudah-mudahan prestasi dari Gowa ini bisa terus dijaga dan dilanjutkan. Tadi pelayanannya bagus, saya senang karena sudah ada imigrasi, pelayanannya bisa sampai 153 dalam sehari dan pasti ada back office ternyata di atas betul dam saya menyaksikan di bagaimana backoffice menyiapkan sistemnya. Ini bahkan bisa dikunjungi dari kabupaten sekitar untuk memanfaatkan layanan Imigrasi di MPP ini," jelasnya. 

Olehnya pada kesempatan itu, dirinya sedang mempersiapkan Mal Pelayanan Publik (MPP) berbasis digital dan mendorong seluruh daerah agar mulai mempersiapkan hal tersebut termasuk di Kabupaten Gowa. 

"Inti dari pelayanan publik itu adalah mengintegrasikan pelayanan, jadi pelayanan dari berbagai dinas dijadikan satu di tempat ini. Secara bertahap kita akan tingkatkan layanan terintegrasi secara digital," harapnya. 

Sementara Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan usai menerima kunjungan MenPANRB mengaku siap untuk menjadi percontohan MPP Digital, sehingga saat ini Pemerintah Kabupaten Gowa akan mulai menyiapkan hal-hal yang mendukung MPP berbasis digital itu. 

"Gowa akan menjadi salah satu yang ditunjuk oleh Kementerian PANRB menjadi percontohan untuk MPP digital. Jadi kita sudah menyatakan kesanggupan dan bersedia dan Insya Allah Kabupaten Gowa akan menjadi pilot project untuk wilayah Sulawesi bahkan Indonesia Bagian Timur," sebutnya. 

Orang nomor satu di Gowa itu menyampaikan, ada beberapa variabel yang perlu dilengkapi dalam menunjang terwujudnya MPP Digital, salah satunya adalah akses internet yang memadai. 

"Yang perlu dilengkapi contohnya akses internet, digitalisasinya dan itu harus kita penuhi baru bisa menjadi MPP digital. Intinya kalau kita lihat selama ini MPP ramai orang berdatangan, tujuan MPP Digital ini semua orang bisa mengakses perizinan tanpa harus datang ke MPP, tapi dari rumah atau dimana saja bisa, insyaallah itu ada beberapa jenis pelayanan yang dijadikan pelayanan digital dan kita menyatakan siap  untuk menjadi percontohan," jelas Adnan. 

MPP Kabupaten Gowa diresmikan dan mulai beroperasi sejak Februari 2024 lalu, dimana dalam MPP ini melayani 147 layanan yang berasal dari 12 OPD Kabupaten Gowa, 8 BUMN dan BUMD, serta 9 instansi vertikal. 

Turut hadir pada kunjungan ini Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, Ketua TP PKK Kabupaten Gowa sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa dan SKPD Lingkup Pemkab Gowa. (*)