Bira Beach Run tahun 2017 sepanjang 8 kilo meter akan dilaksanakan di Pantai Tanjung Bira Bulukumba pada 1 Juli 2017 mendatang.

Bira Beach Run yang rencananya akan diikuti sekitar 500 orang peserta akan menepuh rute Pantai Bira, Pua Janggo, Pantai Bara dan finish kembali di Pantai Bira yang dikenal dengan keelokan pasir putihnya.
Kegiatan ini mendapat dukungan langsung dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulsel dan Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba serta Bank Sulselbar.

Panitia Pelaksana Lontara, Andi Rani, Defiana saat jumpa pers di Kantor Disbudpar Sulsel, Selasa (20/6/2017) mengatakan bahwa kegiatan ini melibatkan 500 orang pelari dari berbagai kota di Indonesia.

"Kita bersyukur karena Bank Sulselbar punya komitmen yang besar dalam memajukan potensi yang ada di daerah khususnya Sulsel," kara Defiana.

Sejauh ini beberapa peserta dari luar Sulsel seperti Solo, Samarinda, Kendari, Bandung, dan Balikpallpan telah mendaftarkan diri.

Melihat antusias dari para pelari, Kepala Dinas Pariwisata Sulsel, Andi Musyaffar Syah mengaku jika pihaknya selalu melakukan diverifikasi atraksi melalui berbagai event pariwisata.

Salah satunya melalui sport tourism dengan peserta yang berkemampuan endorsmen.

"Dengan keikutsertaan para pelari dari luar Sulsel ini di Bira Beach Run maka destinasi wisata Sulsel khususnya Bira dapat semakin terjual," terang Andi Musyaffar.

Sementara itu, Bupati Bulukumba, syukri menambahkan, pemerintah daerah Bulukumba menyambut antusias dan siap memaksimalkan kegiatan ini dengan melakukan berbagai persiapan.

"Pemda Bulukumba menyambut baik acara ini, dan persiapan terus dilakukan seperti hotel, kebersihan, keamanan serta lainnya untuk memberi pelayanan yang maksimal bagi seluruh peserta maupun wisatawan yang datang,"  ungkap Syukri.

Pada Bira Beach Run, selain menawarkan keindahan pasir putih di Panti Bira, juga ditawarkan wisata lainnya seperti pembuatan perahu, appalarang serta lainnya yang ada di Kabupatan Bulukumba,"tegasnya.

Selasa, 20 Juni 2017 (Srf/Er)