Untuk meningkatkan fungsi tenaga Kehumasan lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Biro Humas dan Keprotokolan Setda Prov Sulsel menggelar In House Training atau Training Kehumasan yang dilaksanakan di Ruang Press Room Kantor Gubernur Sulsel, Kamis sore (30/11/2017).

Kegiatan yang diikuti oleh tenaga fotografer dan videografer Humas Sulsel ini dibuka oleh Kepala Bagian Humas Pemprov Sulsel, Badaruddin sekaligus memandu kegiatan.

Pada Taining SDM Humas Sulsel ini, dihadirkan Kepala Divisi Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA), Oscar Motuloh dan Fotografer Jurnalistik dan Dokumentasi, Yusuf Ahmad.

Para pegawai diberikan materi penulisan terkait fotografi kehumasan dan cara pengambilan gambar yang menarik untuk dipublikasikan.

Oscar Motulah menyampaikan bahwa kehumasan pemerintah saat ini lebih bebas dalam berkarya dalam mengkomunikasi program pemerintah.

"Kehumasan sekarang lebih bebas, termasuk di kehumasan pemerintah daerah, berbagai pendekatan baru dilakukan," kata Oscar.

Oscar mengatakan bahwa fungsi humas adalah menginformasikan masyarakat tentang suatu ide untuk dimaknai.

Di Indonesia praktik pencitraan oleh pemerintah telah dilakukan sejak awal berdirinya NKRI.

"Pencitraan sudah dilakukan oleh Bung Karno pada era revolusi, orang sudah tertarik melihat perjalanan Soekarno, dan tahu salah satu caranya melalui fotografi," ungkapnya.

Oscar juga menambahkan, humas harus mempu bekerjasama dengan baik dengan protokol. Dalam sebuah kegiatan misalnya, protokol menjaga acara berjalan baik dan lancar, humas harus mampu membangun suasana.

Dia juga menyampaikan perlunya kerjasama yang baik antara humas dengan media dan wartawan.

Sementara itu, Yusuf Ahmad, memaparkan kondisi kehumasan pemerintahan yang ada di Sulsel.

"Humas yang ada di Sulsel tidak lagi memotret hanya kunjungan saja, kemudian menjadi dokumen humas, tetapi juga untuk kebutuhan publikasi di media dengan foto yang menarik," ucapnya.

Menurutnya, fotografer humas sudah mampu memberikan foto yang berbeda dengan sudut pandang yang bagus, namun belum merata terutama yang ada di kabupaten. Untuk itu menurutnya, skill dan peralatan yang digunakan perlu ditingkatkan.

Baik Oscar dan Yusuf Ahmad juga akan menjadi juri Lomba Foto Satu Dekade Membangun Sulawesi Selatan yang diadakan oleh Biro Humas Setda Sulsel. Menurut rencana, pemenang lomba akan diumumkan pada 3 Desember mendatang, serta penyerahan hadiah pada 26 Desember bertepatan dengan puncak acara Lovely Desember di Toraja.

Jumat, 1 Desember 2017 (Srf/Er)