Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo meluncurkan buku dengan judul "Dibalik Ratusan Penghargaan Nasional - SYL Sang Pencerah Peradaban", di Hotel Condotel Makassar, Jumat (9/2/2018). Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari berbagai kalangan terkait gubernur dua periode ini, diramu dengan gaya tulisan mendalam.

Beberapa tulisan diantaranya, yaitu Ketua MUI Sulawesi Selatan AGH KH Sanusi Baco LC dengan tulisan "Penjaga Kerukunan Perawat Harmoni", Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh "SYL Gubernur Terbaik", Pangdam XIV Hasanuddin "Gubernur yang Memiliki Kepedulian", dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo "Syahrul Visioner Membangun Daerah".

Syahrul mengatakan, bicara tentang peradaban sangat penting, karena tidak ada daerah tanpa peradaban. Setiap era ada pemimpin yang berhadapan dengan peradaban era masing-masing.

"Saya mengapresiasi sebuah buku berbicara peradaban. Kebetulan ditempel nama saya, saya berterima kasih, nama saya sosok saya dimasukkan dalam kata peradaban di buku ini," kata Syahrul.

Baginya, peradaban berbicara tentang tanggung jawab dan kerja keras. Tetapi juga pertanggungjawaban pada orang lain dan sebagai sebuah ibadah dari sebuah ketulusan.

Peradaban penting sebagai sebuah warisan (legacy) yang dihadirkan karena meninggalkan jejak pada generasi berikutnya. Gubernur dua periode ini telah mengantar Sulsel meraih 239 penghargaan nasional dan internasional selama dua periode memimpin.

"Ini buku membawa saya bicara terkait ini, buku ini bukan untuk saya, tetapi untuk kita, terima kasih untuk bukunya, terima kasih untuk yang sudah menulis," ucapnya.

Sementara, Muhammad Hasan Basri Ambarala sebagai penyunting mengatakan, ide penulisan buku ini mencul di awal tahun 2016 serta hadir dengan 117 halaman tulisan. Salah satu tantangan penulisan buku ini, termasuk mengumpulkan naskah dalam waktu yang singkat.

"Kami luncurkan buku ini sebagai kenangan di akhir masa jabatan Pak Gubernur, karena banyak bukti prestasi yang kita lihat yang bisa kita catatkan dalam buku," ucap Ambarala.

Di akhir acara, Syahrul memberikan buku dan menandatangani secara langsung. Buku ini juga akan dibagikan sebanyak 1.000 eksemplar untuk edisi pertama dan akan dikirim ke seluruh galeri dan perpustakaan di Sulsel dan Indonesia.

Hadir dalam peluncuran buku, Ketua DPRD Sulsel, HM Roem dan Senator asal Sulsel, Bahar Ngitung. Mereka juga memberikan testimoni tentang buku ini.

Jumat, 9 Februari 2018 (Ytm/Er)