Bulukumba, sulselprov.go.id - Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf memberi kuliah umum bagi ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Gazali Bulukumba. Kuliah umum yang dilanjutkan dialog antara Bupati bersama mahasiswa, digelar di Pelataran Gedung PGMI Kampus STAI Al-Gazali Bulukumba, Senin, 15 Juli 2024. 

Bupati yang akrab disapa Andi Utta, hadir membawa materi pada kegiatan Young Enterpreneur Creative Art and Fest dengan tema: Menumbuhkan Jiwa Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa dalam Berwirausaha dan Merawat Budaya.

Bupati berlatar pengusaha ini, didampingi istri sekaligus Ketua Dekranasda Bulukumba Hj Andi Herfida Muchtar. Selain itu, sejumlah pejabat lingkup Pemkab Bulukumba ikut mendampingi Bupati Andi Utta.

Selain mahasiswa, kuliah umum dan dialog, juga dihadiri Ketua Yayasan STAI Al-Gazali Bulukumba KH Tjamiruddin, Ketua STAI Al-Gazali Dr.H. Irmansyah, serta sejumlah Civitas Akademika STAI Al-Gazali Bulukumba.

Bupati Andi Utta terlebih dahulu menyampaikan terima kasih atas undangannya untuk memberi kuliah umum dan berdialog secara langsung dengan mahasiswa STAI Al-Gazali. 

Menurutnya, kegiatan-kegiatan seperti ini, dapat memacu semangat kolaborasi antara pemerintah daerah dan perguruan tinggi. Sebab ada ruang dialogis, terlebih untuk saling memberi masukan demi Bulukumba maju dan sejahtera.

"Tentu kami mengapresiasi kegiatan ini, sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi, serta berbagi pengetahuan maupun masukan-masukan yang konstruktif" ujar Andi Utta.

Bupati yang mempopulerkan jargon Dikerja Bukan Dicerita ini, mengajak ratusan mahasiswa agar lebih giat lagi dalam belajar secara akademik, termasuk kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman.

"Saudaraku semua, mari sama-sama melawan rasa malas. Kita harus berpikir memberikan manfaat untuk daerah tercinta Bulukumba. Kita harus maksimalkan semua potensi yang kita miliki," pintanya.

"Menjadi wirausaha muda, harus dikombain dengan pendidikan. Sehingga usaha yang kita lakoni bisa maksimal," sambung Andi Utta disambut aplaus.

Sementara itu, Dr Irmansyah juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Andi Utta, atas perhatiannya kepada lembaga pendidikan tinggi, khususnya STAI Al-Gazali Bulukumba.

Kedatangan Bupati Andi Utta ini, kata Irmansyah, memberikan kontribusi besar terhadap mahasiswa untuk termotivasi menjadi calon pengusaha-pengusaha muda yang andal.

"Jadi STAI Al-Gazali Bulukumba ini, bukan hanya mencetak guru saja. Lebih dari itu, kita akan giring ke luar agar mahasiswa juga bisa memahami dan menerapkan konsep enterpreneur. Mudah-mudahan apa yang disampaikan Bapak Bupati diterapkan oleh mahasiswa," ujarnya.

Mahasiswa semester VI jurusan Pendidikan Agama Islam, St Nurul Haerung Muhlisa (22 tahun), mengaku sangat termotivasi atas apa yang disampaikan oleh orang nomor satu di Kabupaten Bulukumba. 

"Sangat luar biasa apa yang disampaikan Bapak Bupati, karena memberi mahasiswa peluang atau petunjuk untuk berkarya dan sekreatif mungkin dalam berwirausaha melalui produk-produk atau kerajinan yang kami pasarkan di bazar hari ini," ungkapnya.

Nurul berharap ke depan, sebagai generasi muda dapat dilirik dan difasilitasi, baik itu pelatihan maupun bantuan modal untuk mengembangkan usaha. Sehingga, para wirausaha muda dapat lebih kreatif, produktif dan inovatif.

"Saya berharap kegiatan ini berkelanjutan, khususnya di kampus kami tercinta STAI Al-Gazali Bulukumba. Saya juga harap bisa ikut berkontribusi dalam memajukan UMKM di Bulukumba," jelasnya

"Saya mengutip pesan kakak saya, bahwa pemuda yang keren adalah pemuda yang tidak hanya mampu mengkritisi, tapi juga memberikan solusi dan ikut berkontribusi," jelas Nurul menambahkan.

Seusai berdialog dengan mahasiswa, Bupati Andi Utta bersama Andi Herfida Muchtar diminta untuk memantau beberapa tenan UMKM mahasiswa semester VI STAI Al-Gazali, sekaligus memberikan penilaian. 

Tampak, Andi Utta dan Andi Herfida Muchtar mencicipi sejumlah produk kuliner UMKM tersebut. Keduanya juga, memberi masukan untuk pengembangan produk UMKM mahasiswa.

Diketahui, selain pameran dan kuliah umum, kegiatan ini juga diisi dengan talkshow dan pementasan seni maupun panggung ekspresi. (*)