Pasca gempa yang mengguncang Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (14/12/2021) dengan kekuatan 7,4 magnitudo yang berdampak hingga di Sulawesi Selatan, mengakibatkan ratusan rumah rusak, rumah ibadah, sekolah dan infrastruktur lainnya di Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Ada empat kecamatan yang terdampak atas gempa tersebut yakni, Kecamatan Takabonerate, Kecamatan Pasilambena, Kecamatan Pasimarannu dan Kecamatan Passimasunggu.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman langsung bergerak cepat dengan memberikan bantuan keuangan tahun anggaran 2021 untuk Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar senilai Rp 8 Miliar.

Andi Sudirman Sulaiman berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar sesuai peruntukannya untuk kedaruratan dampak bencana Selayar.

"Utamanya untuk upaya pemulihan dan kedaruratan kepada korban terdampak gempa. Serta kita harap Pemda Selayar dapat melakukan sistem penganggaran yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat serta dapat dipertanggungjawabkan secara tepat dan akuntabel," Ungkapnya. Sabtu (18/12/2021).

Ia menyebutkan bantuan keuangan senilai Rp 8 Miliar untuk pananganan kedaruratan telah di cairkan kemarin.

 "Alhamdulillah, Jum'at (17/12/2021) kemarin, kami sudah cairkan bantuan keuangan senilai Rp 8 Miliar untuk pananganan kedaruratan bencana gempa 7,4 magnitudo yang terdampak di Kabupaten Kepulauan Selayar," sebutnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Sosial Sulsel juga telah mengirim berbagai bantuan berupa matras 525 sebanyak 25 lembar, selimut (50 lembar), family kit 576 (50 paket), kids ware (15 paket), food ware 576 (20 paket), tenda gulung (50 paket), kasur (20 lembar) dan beras (1 ton).

Sabtu, 18 Desember 2021