Makassar, sulselprov.go.id - Tim Penggerak PKK Sulsel bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulsel mengadakan Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi Sulsel Tahun 2023. Mengusung tema Masakan Ikan Mengatasi Stunting, Menyehatkan, dan Mencerdaskan, Lomba Masak Ikan ini dilaksanakan di Gedung PKK Sulsel, Rabu, 26 Juli 2023.

Tim Penggerak PKK Sulsel melalui Ketua Pokja I, Sri Suro Adhawaty, mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulsel, yang diharapkan dapat mendorong peningkatan konsumsi ikan di keluarga maupun masyarakat.

Menurutnya, PKK Sulsel sebagai partner penting pemerintah senantiasa terlibat aktif dalam membantu pemerintah menangani masalah pangan yang bersumber dari produk-produk kelautan dan perikanan, demi terwujudnya ketahanan pangan dan gizi nasional melalui bahan pangan yang berasal dari ikan.

Dikatakan, ketahanan pangan dan gizi merupakan bagian dari upaya pemenuhan hak atas pangan yang menjadi salah satu pilar utama hak asasi manusia. Selain itu,  merupakan pendukung terwujudnya ketahanan nasional, serta menjadi modal pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas, mandiri dan sejahtera.

Untuk itu, perlu mendorong perilaku dan kebiasaan masyarakat agar memiliki budaya makan dan hidup sehat, dan menggalakkan penganekaragaman konsumsi pangan termasuk hasil perikanan.

"Saya berharap agar Bapak Ibu sebagai ujung tombak dalam keluarga dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuannya akan pentingnya mengkonsumsi ikan sebagai protein hewani untuk meningkatkan kualitas SDM," ujarnya.

Ia menambahkan, melalui penyelenggaraan lomba masak serba ikan ini, diharapkan dapat meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat, sekaligus mendukung ketahanan pangan. Sehingga, gizi nasional akan mudah terwujud dan mampu mewujudkan ekonomi kreatif berbasis kuliner ikan sekaligus mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan cerdas.

"Lomba masak serba ikan tingkat provinsi ini mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi kita semua untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Adapun pemenang lomba masak serba ikan dalam kategori menu kudapan, Juara Harapan 3 Kabupaten Takalar, Juara Harapan 2 Kabupaten Barru, Juara Harapan 1 Kabupaten Pangkep, Juara 3 Kabupaten Luwu Timur, Juara 2 Kabupaten Luwu, dan Juara 1 Kabupaten Bulukumba.

Kategori menu keluarga, Juara Harapan 3 Kabupaten Bone, Juara Harapan 2 Kabupaten Toraja Utara, Juara Harapan 1 Kabupaten Gowa, Juara 3 Kabupaten Soppeng, Juara 2 Kabupaten Enrekang, dan Juara 1 Kota Makassar.

Kategori menu Balita, Juara Harapan 3 Kabupaten Tana Toraja, Juara Harapan 2 Kabupaten Pinrang, Juara Harapan 1 Kabupaten Luwu Utara, Juara 3 Kabupaten Jeneponto, Juara 2 Kabupaten Sinjai, dan Juara 1 Kabupaten Wajo.

Sekedar diketahui, para juara 1 lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Sulsel ini akan mewakili Sulsel nantinya mengikuti lomba masak serba ikan tingkat nasional tahun 2023 yang diadakan di Jakarta.

Hadir dalam kegiatan ini, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulsel Muhammad Ilyas, Staf Ahli, OPD lingkup Pemprov Sulsel, dan Tim Penggerak PKK kabupaten kota se-Sulsel. (*)