Jakarta, sulselprov.go.id - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan turut ikut terlibat dalam Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2024: Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat. Pameran Kriyanusa 2024 berlangsung 28 Agustus - 1 September 2024, di Hall A dan B Jakarta Convention Center. 

Pada acara Pembukaan Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2024, Pj Ketua Dekranasda Sulsel, Ninuk Triyanti Zudan turut hadir langsung, sekaligus melihat langsung stand Pameran Dekranasda Sulsel. 

“Dekranasda Sulawesi Selatan turut ikut serta dalam Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2024 di Jakarta. Beragam produk kerajinan khas dan unggulan dari Sulawesi Selatan,” kata Ninuk Zudan.

Beragam produk yang dipamerkan, diantaranya pakaian, aksesoris, tas, serta produk kerajinan lainnya. Dekranasda Sulsel juga menghadirkan penenun yang langsung mempraktekkan proses menenun di stand. 

“Kita berharap melalui Pameran Kriyanusa ini, bisa membuka peluang pasar yang lebih luas bagi produk-produk kerajinan khas Sulsel, yang nantinya akan berdampak pada perekonomian bagi perajin di Sulsel,” jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin menekankan pentingnya peran generasi muda dalam melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Indonesia. 

"Saat ini, semakin banyak perajin muda yang terinspirasi untuk mengeksplorasi, memahami, dan memanfaatkan potensi kerajinan tradisional. Mereka adalah pionir yang akan membawa budaya Indonesia ke panggung dunia dengan pendekatan yang segar dan inovatif," ujarnya, saat membuka pameran tersebut.

Oleh karena itu, Wury menekankan pentingnya peran generasi muda dalam melanjutkan dan menjaga warisan budaya nasional.

“Generasi muda adalah harapan kita untuk memastikan bahwa kekayaan budaya kita tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang seiring dengan kemajuan zaman,” tuturnya. 

Wury berharap Pameran Kriyanusa 2024 bisa menjadi wadah bagi perajin muda untuk memamerkan karya mereka dan saling berkolaborasi. 

"Kami berharap acara ini dapat memberikan platform bagi perajin muda untuk menunjukkan karya mereka, belajar dari satu sama lain, dan membangun hubungan yang saling menguntungkan," jelasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Senior Dekranas Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian, pengurus Dekranas, perwakilan Dekranasda dari seluruh Indonesia, pengurus Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), perwakilan kedutaan besar negara sahabat, serta pimpinan kementerian, lembaga, BUMN, asosiasi, dan swasta. 

Pameran Kriyanusa 2024 menampilkan 444 stand, yang terdiri dari 213 stand Dekranasda provinsi, kabupaten, dan kota, 42 stand yayasan dan individu, 20 stand dari Provinsi Kaltim, 58 stand perajin muda, delapan stand sponsor, serta 24 stand kuliner. 

Selain itu, Pameran Kriyanusa juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti workshop, fashion show, talkshow, pentas seni, tarian dari berbagai daerah, dan pertunjukan musik dari sejumlah artis nasional. (*)