Toraja Utara, sulselprov.go.id - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Zudan Arif Fakrulloh dan Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang dan warga Lolai, Saloso, Kecamatan Kapala Pitu, melakukan penanaman bibit pohon sebagai upaya mitigasi perubahan iklim, Selasa, 23 Juli 2024.

Bibit yang ditanam di objek yang juga dikenal dengan sebutan Negeri di Atas Awan ini, yakni eboni, ekaliptus, suren pucuk merah, jabon, salam, nyatoh dan durian yang berjumlah 50 bibit. 

Kegiatan ini dirangkaikan dengan penyerahan bibit oleh Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan kepada masyarakat Kecamatan Kapala Pitu.

Sekretaris Pemberdayaan Masyarakat Lembang (Desa) Toraja Utara, Anugrah Yaya Rundupadang, mengapresiasi dan menyambut baik serta berterimakasih kepada Penjabat Gubernur yang sudah membagikan pohon dan penanaman di beberapa Lembang di Toraja Utara.

"Ini sebagai menara air di Sulsel dan kami berkomitmen memelihara pohon sebagai tanggung jawab memelihara bumi dan mendukung agrowisata di Kawasan Lolai Kapala Pitu," sebutnya.

Adapun Camat Kapala Pitu, Yusuf Kambuno Sarira sangat mengapresiasi penanaman ini karena akan menjaga kecamatan lainnya dari dampak yang tidak diinginkan, seperti longsor. Sehingga harus ditanami dan dihijaukan kembali untuk menahan longsor dan menjaga air.

"Penanaman ini sangat penting untuk menghijaukan kembali daerah pegunungan yang gundul. Ini adalah penyangga tiga kecamatan di bawahnya, jadi ini yang harus dijaga, jangan sampai terjadi hal yang fatal," kata Yusuf.

Warga penerima bantuan bibit juga merasa senang dan menilai akan sangat bermanfaat.

"Saya dapat bibit kayu putih, saya senang sekali dan gembira. Ini hadiah mau saya tanam depan rumah, pasti bisa dipakai nanti," ucap Alfrida Rombe.

Selanjutnya, Pj Gubernur menuju lumbung atau alang dan berinteraksi dengan wisatawan. (*)