Acara Assessment Implementasi TIK Pemerintah Provinsi Sulsel yang dilaksanakan di Hotel Grand Imawan Selasa (16/10/18), dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Layanan e-Government Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian (KISP) Provinsi Sulsel, Drs. Lukmanuddin, MM.

Acara yang diihadiri semua OPD lingkup Pemprov Sulsel menghadirkan narasumber konsultan IT dari Bandung, Ir. Moh. Haitan Rachman, M.T., KMPC.,GRCP.

Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk menyatukan persepsi dan tugas dari semua pengelola IT dalam rangka integrasi sistem, integrasi data yang bermuara pada satu pintu yang dalam hal ini dikelola oleh Dinas Kominfo Sulsel.

Moh Haitan Rachman mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan akan tercipta pelayanan yang maksimal kepada masyarakat secara cepat dan mudah serta terciptanya kemandirian.

"Melalui kegiatan ini diharapkan akan tercipta pelayanan yang maksimal kepada masyarakat secara cepat dan mudah serta terciptanya kemandirian," kata Haitan.

Adapun kendala pemamfaatan dan penerapan TI diantaranya dari teknologi,anggaran terbatas, SDM kurang, IT Governance lemah, IT management kurang efektif serta lainnya.

"Komponen utama tata kelola TI, mulai dari struktur yang perang dan tanggung jawab dalam pengambilan keputusan serta pengelolaan TI, proses dimana SOP formal tentang pengelolaan TI dan pengawasan pelaksanaanya serta mekanisme hubungan dimana interaksi antar pihak yang berkepentingan," tutupnya.

Selasa, 16 Okltober 2018 (Srf/Na)