Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Forum Perangkat Daerah, di Hotel Karebosi Condotel Makassar, Senin (8/4/2019).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo SP Sulsel, Andi Hasdullah ini dihadiri seluruh instansi Kominfo kabupaten/kota se-Sulsel. Forum ini menghadirkan narasumber Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda Otoda Sulsel, Syamsu Rizal, Kadis Kominfo Sulsel, Andi Hasdullah dan Bappeda Sulsel.

"Forum ini digelar dengan tujuan untuk mensinergikan atau menyamakan persepsi antara provinsi dan kabupaten/kota, dalam penyusunan program 2020 mendatang," kata Andi Hasdullah dalam sambutannya.

Andi Hasdullah menekankan urusan Kominfo SP antara kabupaten/kota dan provinsi serta pusat harus senantiasa bersinergi, agar akumulasi pencapaian bisa mendorong dan memperkuat target Kominfo.

Ia memaparkan empat program besar yang disusun provinsi, sesuai tupoksi, dan diharapkan bisa menjadi acuan kabupaten/kota. 

Program tersebut, diantaranya pengembangan informatika, informasi, dan komunikasi. Dengan poin utamanya seperti penyediaan infrastruktur IT, fiber optik, data center, command center dan lainnya.

"Selanjutnya adalah aspek keterbukaan informasi publik, penguatan fungsi dan peran PPID dalam rangka layanan informasi publik, dan diseminasi informasi pembangunan melalui berbagai media," ujarnya.

Sementara, program pengembangan statistik sektoral daerah terintegrasi yang sudah harus menuju satu data base berbasis digital, dimana seluruh OPD menjadi produsen data. Diskominfo Statistik akan menjadi wali data, jadi hanya satu pintu. 

Terkait keamanan informasi, meliputi metode pengelolaan data dan informasi yang aman, terdeteksi, intensifikasi. Termasuk proteksi pemulihan jika terjadi serangan terhadap website yang telah dibangun.

Untuk itu, akan dibentuk tim Computer Security Insident Respon Team, baik di level kabupaten/kota maupun provinsi. 

"Jadi ketika ada persoalan hacker, maka tim ini yang akan bekerja menangani. Kalau tidak mampu tangani bisa dilaporkan ke BSSN," bebernya.

Andi Hasdullah menambahkan, pemerintah kabupaten/kota nantinya tinggal menyesuaikan program-program yang telah dijelaskannya itu dengan anggaran masing-masing.

Di sesi kedua pertemuan, usai Andi Hasdullah membawakan materi, kepala bidang lingkup Kominfo SP Sulsel
memaparkan usulan  program/ kegiatannya untuk tahun 2020, sebagai bahan penyelarasan program/ kegiatan  Provinsi dan Kabupaten/kota.

Senin, 8 April 2019 (Er)