Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Andi Hasdullah, M.Si menerima kunjungan TIM dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia di Ruang Rapat Sekda, Rabu (25/4/2018).

Tim dari Kemenko Polhukam RI dipimpin Asisten Deputi Koordinasi Telekomunikasi dan Informatika, Marsma TNI Dr. Sigit Pryono GSC, S.IP, didampingi Kepala Bidang Telekomunikasi pada Asisten Deputi Koordinasi Telekomunikasi dan Informatika, Letkol Chb.P Widyo Pramono, MT bersama staf.

Dr. Sigit mengatakan, maksud kunjungan tersebut adalah untuk mematangkan persiapan pelaksanaan Forum Koordinasi dan Konsultasi (FKK) Telekomunikasi dan Informatika yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2018 mendatang di Makassar.

Forum ini mengambil tema “Penguatan Keamanan Cyber dalam Mendukung Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pilpres Tahun 2019”. Dalam pertemuan ini juga membahas tentang banyaknya berita-berita hoax yang beredar dimedia sosial yang memerlukan penanganan khusus untuk mengantisipasi berita hoax tersebut termasuk bagaimana dukungan infrastruktur yang ada di Sulawesi Selatan.

Sementara, Kadis Kominfo, Andi Hasdullah, mengatakan bahwa di Sulsel hampir semua daerah sudah dibangun BTS sehingga akses jaringan internet sudah berjalan, kecuali beberapa wilayah kepulauan yang ada di Kabupaten Pangkep, Kabupaten Kepulauan Selayar dan pulau lainnya.

Menurut Hasdullah, dalam hal pengananan berita Hoax, Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Kominfo telah melakukan edukasi terhadap pengguna media sosial melalui kegiatan literasi yang menghadirkan 2500 orang yang dilaksanakan dua tahap. Kegiatan ini juga menghadirkan para Siswa dan Mahasiswa dengan tujuan mendorong para siswa dan mahasiswa agar menggunakan media sosial secara sehat, santun dan tolak hoax.

Hadir dalam pertemuan ini utusan dari Polda, Balai Monitoring, Kepala Bidang lingkup Diskominfo Sulsel dan instansi terkait lainnya.

Rabu, 25 April 2018 (Er/Na)