Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Lintasarta Innovative Information Communications Sollutions yang bergerak dalam Bidang ICT menggelar acara Seminar Information Communication Technology (ICT) dan Smart City di Hotel Melia Makassar, Kamis (12/10/2017).

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Prov Sulsel, Ir. H. Andi Hasdullah mewakili Sekwilda Prov Sulsel dihadiri kurang lebih 100 peserta utusan dari kabupaten/kota se-Sulawesi, Maluku dan Papua dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel.

Andi Hasdullah dalam sambutannya mengatakan, dalam reformasi birokrasi, salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan kinerja aparatur penyelenggara pemerintahan melalui peningkatan pelayanan publik, dengan memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh bagi setiap lembaga pemerintahan, terkait dengan lembaga pelayanan publik.

“Pemanfaatan teknologi informasi dalam lingkup pemerintahan atau e-government sudah merupakan suatu tuntutan dalam menyikapi suatu perubahan, kalau tidak maka kita akan tertinggal,” ujarnya.

“Kemajuan suatu negara di era sekarang ini sangat ditentukan bagaimana kita memanfaatkan teknologi informasi, begitu juga dalam pemerintahan peningkatan pelayanan kepada publik hanya dapat dilakukan bila menerapkan suatu sistim manajemen yang berbasis teknologi,”sebut Hasdullah.

Ia berharap Penerapan e-government dalam bentuk aplikasi dapat meningkatkan mutu pelayanan publik,   serta untuk menjawab tuntutan dan kebutuhan publik yang menginginkan adanya proses pengolahan data yang cepat dan informasi yang tepat.

“e-government diperlukan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, dengan tujuan  untuk menumbuhkan kepercayaan publik terhadap citra pelayanan pemerintah. namun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa penerapan teknologi  informasi dan komunikasi yang telah berlangsung di lembaga pemerintahan maupun non pemerintah  belum berjalan  sesuai yang kita harapkan sehingga proses pelayanan publik belum berjalan maksimal,” pungas Hasdullah.

Sementara, Vice President East Indonesia Region Lintasarta, Choiril Amin dalam sambutannya menyampaikan tujuan diadakannya seminar ini adalah untuk memberikan update informasi tentang teknologi yang saat ini berkembang sangat cepat.

Choiril menambahkan, bahwa Lintasarta telah melayani pelanggan dari berbagai segmen industry selama lebih dari 29 tahun dan mendapatkan reputasi sebagai mitra terpercaya bagi banyak perusahaan dari berbagai sektor industry.

“Saat ini Lintasarta telah menjadi ICT Total Solution Company yang memberika layanan secata end to end  solution mulai dari produk layanan data Communication, Internet dan IT Service seperti Data Center, Cloud Services, Managed  Security Solution dan Smart City,” terangnya.

Seminar ini menghadirkan beberapa pemateri, diantaranya materi Smart City Solution (Gregorius Handoyo) yang dapat membantu mengintegrasikan aplikasi kota dalam satu flatform dan database yang mudah diakses untuk mewujudkan sebuah kota yang cerdas; Solusi Wifi Advertising (Dody Indrawijaya); Solusi Data Center (Rommy Bastian Hutauruk), solusi yang aman dan  nyaman untuk keberlangsungan bisnis; Managed Security Service, solusi yang dapat membantu perusahaan dalam membangun pengelolaan pengamanan jaringan hingga pemantauan infrastruktur keamanannya; Lintasarta Collaboration Solution (Ginda Rizal Hidayat), solusi yang memudahkan melakukan video conference dimanapun kita berada; Lintasarta Data Communication (Herbudi Wibowo), solusi yang memudahkan untuk berkomunikasi melalui jaringan private maupun publik dengan banyak opsi akses, diantaranya VSAT, Radi Link, Radio Trunking dan Fiber Optik.

Kamis, 12 Oktober 2017 (Er/Rs)