Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Festival Pertunjukan Rakyat (Pertura) Media Tradisional Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Condotel Makassar, Rabu (18/9/2019). Festival Pertura Media Tradisional ini diikuti 9 (Sembilan) kabupaten yakni Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, Luwu dan Toraja Utara. Acara berlangsung semarak yang disaksikanoleh penonton dan supporter dari masing-masing kabupaten.

Kadis Kominfo SP, Andi Hasdullah dalam releasenya ke media hari ini mengatakan bahwa tema Festival Pertunjukan Rakyat Media Tradisional ini adalah Merawat Kemerdekaan Dalam Mempererat Persatuan Bangsa Indonesia.

“Ditengah era digital yang massif, kita harus tetap merawat budaya kearifan lokal dengan terus menghidupkan media Pertunjukan Rakyat untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan, pesan moral kepada halayak,” kata Hasdullah.

“Media Pertura ini masih sangat efektif sebagai media informasi terutama di pedesaan. Pertura ini tetap akan dibina dan terus didorong untuk menjadi media publik dengan mengadopsi era digitalisasi saat ini,”ungkapnya.

Dari hasil penilaian juri memutuskan Pertura juara satu diraih Kabupaten Sinjai sekaligus akan mewakili Sulsel di SAIK tingkat nasional yang akan dilaksanakan dipusatkan di Provinsi Bangka Belitung, juara dua Kabupaten Bone dan juara tiga Kabupaten Gowa.

Hasdullah mengucapkan selamat kepada pemenang dan memberi apresiasi kepada semua kabupaten yang ikut dalam festival Pertunjukan Rakyat Media Tradisional semalam.

Ia berharap Pertura ini terus berkembang di era online saat ini sebagai upaya kita dalam melestarikan budaya lokal dan optimalisasi penyampaian berbagai informasi pembangunan Sulsel yang makin maju.

Kamis, 19 September 2019 (diskominfo)