Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan secara resmi mewisuda 76 siswa peserta Young Entrepreneur School (YES) angkatan pertama, di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (10/5/2018).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abd Malik Faisal, menyampaikan penghargaan dan apresiasinya kepada para siswa peserta YES yang selama tiga bulan sudah menyelesaikan pendidikan dan latihan tentang kewirausahaan.

Menurutnya, YES merupakan program yang pertama dilakukan pemerintah provinsi di luar Jakarta. Program yang digagas Diskop dan UKM Sulsel ini diharapkan menjadi momentum lahirnya entrepreneur sejati dari kalangan anak muda.

"Tentu ini akan menjadi dorongan kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan UKM yang mandiri, kuat dan berdaya saing, serta memberikan kontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi Sulsel," katanya.

Malik menjelaskan, alumni YES yang sudah melalui prosesi wisuda itu dianggap telah menguasai ilmu bagaimana menjadi seorang pengusaha sukses.

Terlebih, selama tiga bulan terdaftar dalam program YES, mereka sudah digembleng dengan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan. Artinya, sudah tertanam dalam mainset mereka, bagaimana menjadi entrepreneur.

Selama tiga bulan menempuh pendidikan dan pelatihan, mereka dibekali ilmu kewirausahaan. Mereka diberikan porsi 20 persen teori, dan 80 persen praktek lapangan.

"Bulan pertama, kami tanamkan mainset bagaimana menjadi entrepreneur. Bulan kedua mendorong mereka menciptakan inovasi berbagai jenis produk yang berkualitas. Kemudian bulan terakhir, mereka kita turunkan ke lapangan melihat kondisi lapangan bagaimana menjadi pengusaha yang riil, disana mereka berhadapan dengan costumer," jelas Malik.

Hasilnya, sambung Malik Faisal, dalam praktek lapangan yang dibagi beberapa kelompok, mereka menciptakan produk sendiri dan mampu menjualnya dalam jangka waktu tertentu.

"Beberapa kelompok itu, kami berikan modal dengan jumlah yang beragam. Dan rata-rata mereka mampu menghasilkan keuntungan. Tetapi itu kan hanya dampak jangka pendek, kalau melihat hasilnya nanti 10 sampai 15 tahun kemudian," pungkasnya.

Sementara, Kepala Sekolah YES, Abdul Azis Bennu menambahkan, program YES ini merupakan upaya pemerintah provinsi melalui Diskop dan UKM Sulsel, untuk meningkatkan minat wirausaha dari usia pelajar.

Jumlah siswa yang menyelesaikan pendidikan dan pelatihan dalam program YES ini sebanyak 76 siswa dari SLTA Kota Makassar dan sekitarnya.

"Jumlah itu merupakan siswa dari angkatan pertama yang kami wisuda. YES akan terus berlanjut. Saat ini sudah masuk angkatan kedua, yang baru mulai mengikuti proses pendidikan dan pelatihan," pungkasnya.

Kamis, 10 Mei 2018 (Srf/Er)