Dalam satu bulan terakhir ini, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulsel, giat melakukan roadshow pengarusutamaan gender ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD),sSalah satunya di Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikulturan Prov. Sulsel.

Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan DP3A Sulsel, Febriani, sebagaipelaksana teknis menjelaskan, Kelembagaan PUG wajib hadir di seluruh OPD driver yakni Inspektorat, Bappeda, dan Keuangan.

"Kami melakukan roadshow PUG di 3 OPD ini untuk menguatkan peran Bappeda dalam mengawal perencanaan yang responsif gender, BPKD berperan dalam menghadirkan penganggaran yang responsif gender dan Inspektorat untuk mewujudkan pengawasan pelaksanaan PUG di daerah sebagaimana dimandatkan dalam Perda Provinsi Sulsel tentang Pelaksanaan PUG dalam Pembangunan Daerah,"lanjutnya.

Strategi "jemput bola" ini dilakukan Dinas PPPA guna mengakselerasi komitmen OPD dalam inplementasi PUG di sektornya masing-masing.

Kepala Seksi (Kasi) Pengarusutamaan Gender, DP3A Sulsel, Syathri Fitrah mengatakan, Roadshow PUG dilaksanakan pula ke seluruh OPD provinsi untuk mendorong implementasi PUG di seluruh sektor.

"Pendekatan seperti ini jauh lebih efektif karena setiap kunjungan ke OPD para pejabat eselon 3, 4 dan staf tersentuh pemahaman tentang PUG dan  terbangun diskusi aktif sepanjang  pertemuan berlangsung,"jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Data dan Informasi Gender dan Anak DP3A Sulsel, Suciati menambahkan, strategi roadshow ini berjalan seiring dengan strategi pembinaan pola menitoring yg dilakukan ke kabupaten dan kota seSulsel.

"Harapannya Sulsel dapat lebih meningkatkan komitmen dalam pengarusutamaan gender di daerah dan bonusnya Anugerah Parahita Ekapraya kategori Mentor optimis dapat diraih tahun ini,"tutupnya.

Senin, 7 Mei 2018 (Srf/Na)