Kabupaten Takalar menjadi salah satu kabupaten pembinaan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( DP3A) Prov. Sulsel, melalui metode mentoring.

Acara pertemuan Pendampingan dan Monitoring Pengarusutamaan Gender dalam rangka pemenuhan indikator penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Nasional Tahun 2018 dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Takalar, H. Nirwan,serta dihadiri pula oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Takalar.

Tim mentoring yang terdiri dari unsur pemerhati perempuan dan anak serta pejabat DP3A Sulsel, beberapaa waktu  lalu menekankan beberapa poin penting untuk ditindaklanjuti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar, khususnya para pihak yg termasuk dalam gerbong Pokja Pengarusutamaan Gender (PUG).

Kepala Bidang (Kabid) Data dan Informasi Gender dan Anak, DP3A Sulsel,Suciati,memberikan penjelasan,driver PUG di Takalar harus lebih aktif dan serius dalam upaya kelembagaan pengarusutamaan gender, agar seluruh OPD kabupaten dapat pula memainkan perannya masing-masing dalam mengimplementasikan PUG di sektornya masing-masing.

"Meskipun Kabupaten Takalar relatif tertinggal dalam kelembagaan PUG, namun keseriusan untuk mewujudkannya terlihat dari kehadiran seluruh OPD dan keinginannya untuk terus bekerja secara maksimal,”lanjutnya.

"Adapun beberapa poin penting yang harus ditindaklanjuti Pemkab Takalar yaitu, membuat regulasi untuk dasar kebijakan pembentukan dan pemberian layanan perlindungan perempuan dan anak, segera aktifkan Pokja PUG dan permantap kepedulian seluruh sektor melalui advokasi dan sosialisasi, perkuat jejaring layanan perlindungan perempuan dan anak dengan menyepakati MoU antara pemda dengan lembaga penegak hukum, Depag dan LM untuk mengembangkan layanan, pengembangan data dan informasi gender dan anak secara kontinyu dan terkini dengan berbasis teknologi serta Kembangkan pemanfaatan tools analisis perencanaan dan penganggaran yang responsif gender"

“Melalui koordinasi dan kerja kerja keras semua pihak terkait Kabupaten Takalar optimis lolos seleksi awal evaluasi PUG,”tutupnya.

Senin, 7 Mei 2018 (Srf/Na)