Asisten Kesejahteraan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. H. Sidik Salam, membuka acara Fasilitasi Penguatan Manajemen Kesekretariatan Tim Pembina UKS/M Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan  Tahun 2016. Acara berlangsung di Hotel Tree Makassar, Kamis (13/10/2016).

Sidik Salam dalam sambutannya mengatakan, dalam proses pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) ditentukan oleh dua faktor yakni pendidikan dan kesehatan. Kedua faktor ini adalah program pemerintah Sulsel melalui pendidikan gratis dan kesehatan gratis yang merupakan bagian dari Indikator Pembangunan Manusia (IPM).

“Selain itu, program UKS/M yang terdiri dari Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan serta Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat yang dikenal dengan Trias UKS/M, diarahkan untuk membentuk perilaku hidup bersih dan sehat pada peserta didik yang tentunya perlu adanya dukungan dari Tim pembina UKS/M Provinsi dan Kab/Kota secara berjenjang sampai Tim Pembina di sekolah,”lanjutnya.

Ia menjelaskan, keberhasilan dalam pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M akan tercermin pada keaktifan Sekretariatan Tim Pembina UKS/M dalam mengelola sekretariat TP-UKS dan melakukan pembinaan terhadap peserta didik dan lingkungan sekitar.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat menghasilkan suatu pembaharuan pemikiran yang dapat menghasilkan suatu pembaharuan pemikiran dan dapat digagaskan dalam peningkatan pengelolaan Sekretariat TP-UKS/M Kab/Kota di Sulsel.

Kamis, 13 Oktober 2016 (Ht)