Makassar, sulselprov.go.id - Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, melakukan pertemuan dengan Forum Koordinasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (FK-TSLP) Sulsel, di Kantor Gubernur, Rabu, 27 September 2023. Pertemuan dengan Forum CSR ini membahas terkait program prioritas Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, khususnya Gerakan Gemar Menanam Pisang.

Pertemuan ini dihadiri oleh perusahaan BUMN maupun BUMD, dan perusahaan swasta yang tergabung dalam FL-TSLP Sulsel. Forum Koordinasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (FK-TSLP) Sulsel mengaku sangat mendukung program prioritas Pj Gubernur Sulsel ini.

Ketua Umum (Ketum) Forum Koordinasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (FK-TSLP) Sulsel, Latunreng mengatakan, program ini kedengarannya sederhana tetapi memiliki multi player efek sangat besar.

"Kami dari Forum (FK-TSLP) sangat mensupport Pak Gubernur memberikan dukungan maksimal. Rapat ini sudah tiga kali kami laksanakan sebagai bentuk keseriusan, mencoba ingin memberikan masukan-masukan agar Pergub yang nantinya lahir betul-betul bisa mengakomodir seluruh kepentingan dan stakeholder yang ada," jelasnya.

Bagi Forum CSR, sebut Latunreng, program prioritas ini harus disupport melalui CSR. Apapun nanti kebutuhan dalam mendukung program prioritas Pj Gubernur, serta melibatkan dunia usaha yang memiliki irisan dengan program ini. 

"Karena kepentingan dalam program ini yang utama adalah alsintannya, pupuk, dan bibit. Tiga hal itu bisa ada irisan ke CSR," akunya.

Kemudian, sebagai Ketua  Forum CSR ini ia juga bersedia agar ada kepastian pasar. 

"Saya bersedia menjadi Offtaker. Kita harus punya komitmen, ketika ada program begitu dicetuskan harus ada kepastian. Pertama legalitas itu ada Pergub. Kepastian bibit dan kelompok tani, keempat adalah kepastian jual atau offtaker," tuturnya.

Dalam waku dekat, kata dia, eksportir bisa bekerja sama dengan forum dan termasuk offtaker kita dalam melaksanakan realisasi pembelian ketika ada hasil tanaman pisang ini.

"Sehingga, petani mendapatkan hasil dan ini kita ekspor sehingga menimbulkan dampak multiplayer effect dari Sulsel," jelasnya.

Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, memimpin pertemuan ini untuk menindaklanjuti arahan Pj Gubernur Sulsel terkait program Gerakan Gemar Menanam Pisang tersebut.

"Terima kasih atas support dari Forum CSR bersama perusahaan yang siap mensupport program Gerakan Gemar Menanam Pisang," ucapnya. (*)