Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Abdul Haris, SH.MM membuka Forum Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang Jasa Tahun 2016 di Kenari Tower Hotel, Selasa (6 September 2016).

Dr. Abdul Haris dalam sambutannyamengatakan, forum layanan ini merupakan kegiatan yang strategis dan konstruktif, melihat aktivitas yang dilakukan ULP dalam pelaksanaan pengadaan Barang/Jasa pemerintah senantiasa diperhadapkan pada berbagai kepentingan yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda yang menggunakan acuan dan pedoman yang sama, sehingga sangat diperlukan persepsi, keterpaduan pelaksanaan, dan membangun komitmen yang sama untuk mewujudkan layanan ULP yang tepat (Transparan, Efektif Dan Efesien, Profesional, Akuntabel serta Tidak Diskriminatif) dalam rangka peningkatan kapasitas dan kematangan kelembagaan Unit Layanan Pengadaan, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota se Sulsel.

Menurut Abdul Haris penguatan kelembagaan ULP telah menjadi salah satu fokus utama kebijakan pemerintah dalam menciptakan transparansi pengadaan barang/jasa mengingat sebagian besar proses pelaksanaan program pembangunan pemerintah berawal di ULP.

“Pemerintah melalui lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah (LKPP) selaku institusi Pembina ULP di K/L/D/I terus berupaya untuk mendorong dan mengembangkan ULP serta memperkuat kapasitasnya dengan menghadirkan program modernisasi pengadaan nasional kerjasama dengan pemerintah Amerika Serikat melalui Millenium Challenge Account – Indonesia (MCA-I)”,jelasnya.

“Kerjasama tersebut bertujuan untuk menjadikan ULP yang mandiri permanen Independen, profesional, berintegritas dan sekaligus meningkatkan akuntabilitas kinerja ULP, serta kepercayaan masyarakat, sehingga ULP dapat lebih baik lagi dimasa datang”,lanjutnya.

Dr. Abdul Haris berharap Forum layanan pengadaan dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang dapat direkomendasikan kepada pemerintah pusat sebagai bahan evaluasi dan pengambilan kebijakan demi pengembangan modernisasi pengadaan di masa yang akan datang.

Sebelumnya, Ketua Panitia Forum Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang/Jasa melaporkan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan update tentang Peraturan-Peraturan terkait pelaksanaan pengadaan pemerintah baik secara kelembagaan maupun teknis pengadaan Barang/Jasa, sebaga wadah pertemuan untuk berbagi informasi, memberi pemahaman dalam merumuskan strategi pengadaan yang sesuai dengan prinsi-prinsip pengadaan.

Selasa, 6 September 2016 (Rs/Tn)