Makassar, sulselprov.go.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) menggelar Rapat Koordinasi Kehumasan Tingkat Sulsel di Hotel Four Point, Kamis, 25 Juli 2024. Tahun ini, Rakor tersebut mengusung tema Menjadi Humas Kreatif dan Adaptif di Era Transformasi Digital. 

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik dan mendorong kolaborasi kompetensi humas antar instansi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk lebih kreatif dalam menyusun strategi komunikasi yang efektif dan inovatif guna menarik perhatian publik dan membangun citra positif bagi institusi pemerintah,” kata Fitra selaku Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Diskominfo-SP Sulsel.

Kemudian mewakili Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh, Kepala Diskominfo SP Sulsel A. Winarno Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan, kecepatan informasi, perubahan perilaku audiens, dan munculnya platform-platform baru menuntut kita untuk terus beradaptasi dan berinovasi.

“Di satu sisi, era digital memberikan kita peluang besar untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan beragam, berinteraksi secara langsung, serta mengukur efektivitas komunikasi dengan lebih akurat. Namun di sisi lain, kita juga dihadapkan pada tantangan seperti overload informasi, perubahan perilaku audiens, dan krisis reputasi yang dapat menyebar dengan cepat,” jelasnya

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh jajaran humas di Sulawesi Selatan untuk menjadi humas yang kreatif dan adaptif. Kreativitas diperlukan untuk menciptakan konten yang menarik dan relevan dengan audiens, sementara adaptabilitas diperlukan untuk menguasai platform-platform baru dan merespons perubahan dengan cepat.

Dia juga menyebut, saat ini humas memiliki peran strategis dalam pembangunan Sulsel. Humas bukan hanya corong pemerintah, tetapi juga jembatan antara pemerintah dan masyarakat. Humas berperan penting dalam menyampaikan informasi tentang program-program pembangunan, membangun kepercayaan publik, serta menyerap aspirasi masyarakat.

Maka dari itu, ia menekankan di momentum kegiatan ini agar tetap memperkuat sinergi dan kolaborasi antara humas se-Sulsel.

“Mari kita bersama-sama meningkatkan kualitas komunikasi publik, membangun citra positif pemerintah, serta mendukung percepatan pembangunan di Sulawesi Selatan. Saya yakin, dengan semangat kebersamaan dan kerja keras, kita dapat mencapai tujuan tersebut,” terangnya.

Kegiatan tersebut menghadirkan tiga narasumber. Diantaranya Kepala Diskominfo-SP Sulsel A. Winarno Eka Putra yang membahas digital public relation dalam kehumasan.

Kedua, Pimpinan Redaksi Tribun Timur Thamzil Thahir dengan mendalami materi transformasi jurnalisme dan kehumasan.

Sedangkan yang terakhir,  Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Fisip Unhas Prof. Dr. Muhammad Akbar melalui materi tugas Public Relation serta mendalami ilmu public speaking dalam bidang kehumasan. (*)