Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani menegaskan Garuda indonesia adalah bagian dari plat merah ASN, tentu akan ada persepsi-persepsi yang berbeda.

Hal ini disampaikan Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani saat menerima kunjungan GM PT Garuda Indonesia, Putu Tedy Wiryawan, di Ruang Rapat Kerja Sekda, Selasa, 19/4.

Abdul Hayat Gani mengaku pada dasarnya ASN ingin naik pesawat Garuda. Hanya saja budget yang ada, tidak mengcover sehingga harus melihat kemampuan daerah.

"Mau agen, travel agen, karena semua itu bagian dari Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Travel ini bagian dari menciptakan lapangan kerja. Karena kita bagian dari pemerintah, bagaimana bisa berjalan dengan lancar dan baik," pungkasnya.

Sementara itu, GM PT Garuda Indonesia Putu Tedy Wiryawan mengatakan, kunjungannya terkait sosialisasi dan dengar pendapat program dari PT Garuda secara nasional, yakni harga tiket NKRI. Harga tersebut ditetapkan oleh Kementerian Keuangan pada seluruh ASN, TNI/Polri, lembaga maupun instansi.

"Kami ingin mendengarkan feedback dari pemerintah provinsi seperti apa menyikapi program tersebut, yang akan menjadi bahan evaluasi untuk mengoptimalkan lagi penyerapan anggaran perjalanan dinas melalui Garuda Indonesia," ungkapnya.

Ia menyebutkan menjamin tiket yang dikeluarkan sudah bisa menjadi bukti pertanggungjawaban administrasi.

"Kami berharap agar lebih mengoptimalkan lagi perjalanan-perjalanan dinas menggunakan Pesawat Garuda, baik secara airline maupun citylink,"sebutnya.

Masalah selisih harga tiket, NKRI ini adalah program yang tentu sangat membantu pemerintah 

"Jadi kadang ada yang melakukan perjalanan dinas, tidak menggunakan program ini karena tidak mendapat info misalnya," imbuhnya.

Garuda Indonesia akan semakin mengoptimalkan kerjasama dengan pemerintah provinsi termasuk mensuskseskan PON ke 20 di Papua.

"Kami juga memfollow up terkait persiapan PON ke 20 di Papua. Kita ingin mengoptimalkan lagi sebagai bisnis partner. Untuk Pemprov Sulsel sendiri, akan menerbangkan atlet official maupun perlengkapan PON ke Papua. Karena itu, kita ingin menjadi bagian untuk mensukseskan acara tersebut," ucapnya

Putu Tedy berharap PON ke 20 di Papua berjalan dengan lancar.

"Semoga acara PON ke 20 di Papua berjalan dengan lancar dan kami berharap Garuda bisa menjadi bagian dari kesuksesan," tutupnya.

Senin, 19 April 2021