Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo menerima kunjungan Plt Bupati Sinjai, H. Andi Fajar Yanwar di Kantor Gubernur Sulsel, Jum'at (23/2/2018).

Kunjungan tersebut dalam rangka melaporkan persiapan hari jadi atau HUT ke-454 Sinjai dan kondisi keamanan jelang Pemilihan Serentak.

Pada kesempatan tersebut, Syahrul menyampaikan agar HUT ini dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya, terutama untuk tempat pelaksanaan puncak peringatan,  jika tahun sebelumnya dilaksanakan di halaman Rumah Jabatan Bupati, maka tahun ini Syahrul ingin dilaksanakan di pantai, hutan atau perkampungan yang dekat dengan masyarakat.

"Harus dipersiapkan dengan baik. Jangan sepuluh tahun di kantor daerah dan Rujab saja, sekali-kali di desa nelayan atau di dalam hutan,  ajak rakyat makan ramai-ramai, bisa minta setiap kecamatan buat stand masing-masing," kata Syahrul.

Ia juga tertarik agar minuman dan makanan tradisional Sinjai dihadirkan, seperti Irex, minuman manis berwarna kuning campuran tape, susu, madu dan telur, minumun ini oleh warga Sinjai juga disebut dengan nama Minas atau minuman khas Sinjai.

"Kita makan siang di pelelangan, makan ikan dan minum irex. Saya kemarin senang, di Parepare, kita di atas bukit, dan Enrekang di Sungai Saddang," sebutnya.

Syahrul juga berharap moment HUT ini, menjadi motivasi Pemda Sinjai lebih berprestasi, hadir kebersamaan dengan masyarakat sebagai substansi  lhari jadi serta tercipta pemerintahan yang baik.

Andi Fajar Yanwar menyampaikan bahwa hari jadi Kabupaten Sinjai dilaksanakan Puncaknya pada, Selasa, 27 februari mendatang.

"Kami mengundang gubernur untuk hadir di pada hari jadi, tanggal 27 Februari mendatang. Perubahan akan dilakukan termasuk memperhatikan saran dari gubernur," ujarnya.

Fajar menambahkan acara HUT akan melibatkan masyarakat. Walaupun panitia sebenarnya sudah memasang properti seperti tenda.

"Kita lihat siatuasi dulu, karena sekarang tanggal 23 sedangkan acara pada tanggal 27 Februari," ujarnya.

Ada beberapa lokasi pilihan yang disampaikannnya, diantaranya, Pantai Galau, sebutan bagi kawasan wisata kuliner di Lappa, atau wilayah Sinjai Timur.

Pada HUT ini sejumlah, kegiatan akan dihadirkan termasuk memamerkan prestasi-prestasi 74 prestasi yang telah diraih dalam waktu empat tahun,  termasuk Sinjai juara 1 Lomba Desa Tingkat Nasional Regional III tahun 2017.

Lomba yang telah dilaksanakan seperti tarik tambang dan futsal.

Ia juga menyampaikan bahwa terkait kondisi pemilihan serentak, menjamin dapat berlangsung dengan damai.

"Saya yakin Sinjai aman, untuk menghindari gesekan, pengamanan sudah kita siapkan," pungkasnya.

Jumat, 23 Februari 2018 (Ytm/Er)