Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo menerima kunjungan Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonnet di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jum'at malam (8/9/2017).

Kunjungan ini untuk menguatkan hubungan bilateral antara Indonesia, khususnya Provinsi Sulawesi Selatan dan negara Prancis. Selain itu, Berthonnet bersama rombongan juga akan menghadiri event Makassar International Eight Festival & Forum (MIEFF 2017) atau F8.

Syahrul dan Berthonnet banyak berbincang terkait hubungan antara dua wilayah ini serta potensi kedua negara. Diantaranya terkait sektor pariwisata, pendidikan,  perdangan dan maritim.

Pada kesempatan itu, gubernur mengundang Duta Besar Perancis untuk menghadiri Festival Lovely Desember di Toraja pada Desember mendatang.

"Saya undang Pak Dubes ke Lovely Desember, kalau bisa nanti kita mendatangani kerjasama (MoU) antara Sulsel dan Prancis di depan Presiden RI," kata Syahrul.

Sementara itu, Berthonnet mengaku sangat senang dengan kunjungannya ke Sulsel dan ini merupakan kunjungan kedua.

"Sangat menyenangkan di sini, perwakilan Prancis juga akan tampil malam ini (di F8). Kami malam ini juga memiliki pertemuan tingkat tinggi dengan Gubenur Sulsel," kata Berthonnet.

Terkait MoU antara kedua belah pihak, dia mengatakan ada beberapa sektor yang coba dijajaki, diantaranya sektor pariwisata,  budaya dan beberapa sektor lainnya. Sebelumnya, pada kedatangan pertama mereka telah melakukan kerjasama dibidang ekonomi maritim dengan Pelabuhan Makassar.

"Kerjasama ini akan kami tindaklanjuti. Staf saya di Jakarta akan berkomunikasi dengan staf Gubernur Sulsel. Walaupun ini sebenarnya bagi kami sangat mendadak untuk dilaksanakan di bulan Desember," pungkasnya.

Sabtu, 9 September 2017 (Ytm/Er)