Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo meminta PT Garuda Indonesia perwakilan Makassar, mempercepat pembukaan penerbangan perintis dari Makassar-Luwu dan Makassar-Toraja dan Makassar-Selayar.

Hal itu disampaikan Gubernur Syahrul usai menerima manajemen PT Garuda Indonesia, di Ruang Kerja Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (12/9).

Menurut Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, saat bertemu, pembahasannya terkait pengembangan layanan maskapai Garuda Indonesia, khususnya dari Makassar. Niat tersebut akan terus didukung dan diberikan ruang.

"Garuda Indonesia merupakan BUMN yang menjadi harkat dan martabat bangsa, makanya kita harus dorong dan berikan ruang, sekaligus ini untuk perbaikan layanan kedepan," kata Syahrul. 

Selain itu, Syahrul juga secara  d langsung meminta PT Garuda Indonesia mempercepat upaya konektivitas penerbangan perintis. Khususnya rute dari Makassar ke Luwu, Toraja dan Selayar.

Sementara Vice President PT Garuda Indonesia Region Kalimantan, Sulawesi dan Papua, I Wayan Supatrayasa, mengatakan, pihaknya bertemu gubernur untuk melaporkan rencana pembukaan rute baru Makassar-Sumatera dan Makassar-Nusa Tenggara Timur. 

"Kami mendapat dukungan besar dari gubernur untuk perbaikan layanan Garuda. Kami juga minta masukan, apa yang harus kami lakukan untuk konektivitas Makassar sebagai hub untuk Kawasan Timur Indonesia," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengakui, jika saat ini Garuda Indonesia dalam tahap finalisasi untuk membuka penerbangan Makassar-Bua (Luwu). Sedangkan soal pembukaan rute ke Selayar dan Toraja juga masih menjadi pembahasan dengan gubernur.

Khusus penerbangan dari Makassar ke Pulau Sumatera, dan NTT akan dibuka Desember mendatang. Kemudian penerbangan untuk umroh Makassar-Mekkah (Arab Saudi) jadwalnya akan ditambah dua penerbangan dalam seminggu.

Selasa, 12 September 2017 (Ak/Na)