Gubernur Sulawesi Selatan, DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.,M.Si.,MH membuka kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah MPLS SMA - SMK Tingkat Provinsi Sulsel di halaman Rumah Jabatan Gubernur, Jumat (21/7/2017). MPLS SMA - SMK dilaksanakan 21 hingga 22 Juli di sekolah masing-masing.

Syahrul memberikan motivasi kepada para siswa baru yang begitu bersemangat hadir di masa pengenalan lingkungan sekolah tersebut. 

Ketika memberikan motivasi, Syahrul menuju ke tengah lapangan yang disambut meriah dengan sorakan ribuan siswa. Ia memulai dengan bernyanyi lagu Indonesia Tanah Air Beta yang diselipi dengan puisi dan kata-kata motivasi. 

"Indonesia negara yang hebat,  kalian anak dari sebuah negara besar,  Bernama Indonesia. Tidak ada sebesar Indonesia.  Kalian anak bangsa yang besarnya sama dengan 20 negara Eropa,  kalian orang apakah? Indonesia," seru Syahrul. 

Berpikir positif dan punya cita-cita tinggi menjadi salah satu pesan Syahrul yang disampaikan dengan gaya retorika ringan.

"Ayo berdoa, angkat tangan. Ayo berjanji pada diri sendiri untuk membahagiakan Ibu dan Bapak. Menjadi pribadi yang cerdas dan berkarakter jujur. Alfatiha, " tuntun Syahrul. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo menjelaskan, siswa baru tamatan SMP tahun ini 151.472 orang. Daya tampung SMA 158.222 kursi, terdpat 6750 kursi lebih. Tamatan SMP yang lulus 150.665 orang, tidak lanjut mendaftar 807.

Irman juga menjamin bahwa penerimaan siswa tahun ini murni dan berintegritas. Penerimaan tahun ini 99,99 persen berintegritas,  tidak ada yang keluar dari petunjuk teknis. 

Selanjutnya, Irman menguraikan akan dilakukan pemetaan bahaya narkotika dan pemetaan kemampuan siswa. 

"Kita akan test narkoba untuk melihat peta bahaya narkotika dan tes psikologi memetakan bakat siswa," pungkas Irman.

Jumat, 21 Juli 2017 (Srf/Sr)