Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) pada Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 di Pelataran Jenderal M. Jusuf Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Senin (13/11/2017).

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ini mengangkat tema "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku".

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, tema ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri dan sehat.

"Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan. Ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009," kata Syahrul dalam sambutan seragam dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Syahrul kembali menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan terdapat 12 indikator pelayanan dasar yang harus dilakukan kabupaten/kota yang pencapaiannya harus 100 persen.

"Juga terdapat delapan indikator Keluarga Sehat terkait dengan indikator SPM dan hanya ada empat yang tidak terkait SPM yaitu merokok, jamban sehat, akses air bersih dan anggota JKN," terangnya.

Syahrul juga meminta agar Puskesmas dan tenaga kesehata mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan aktif dan terus mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat melalui pendekatan keluarga.

"Bangsa Indonesia, siapapun ditanggung berkontribusi, kesehatan menjadi tanggung jawab kita bersama," ujarnya. 

Pada kesempatan ini, Syahrul juga mendapatkan penghargaan dari Markas Besar Angkatan Udara Lakespra Saryanto atas jasa terhadap pengembangan kesehatan penerbangan di Sulawesi Selatan.

Selain Gubernur Sulsel, juga dalam upacara ini hadir Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang dan Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Latief serta tenaga kesehatan dari 24 Kabupaten/Kota se-Sulsel. 

Senin, 13 November 2017 (Srf/Tn )