Berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Selasa, (18/02/2020) Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah yang diwakili Sekretaris Daerah,  DR. Abdul Hayat Gani yang didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sulsel bersama Kepala Balai Gakkum dan PSKL menyerahkan Trophy PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) 2019 dan sertifikat kepada perusahaan yang berprestasi lingkungan, baik klasifikasi peringkat hijau sebanyak 5 perusahaan  maupun terhadap 29 perusahaan  peringkat biru.

Penyerahan Trophy PROPER berlangsung dengan penuh semangat yang dihadiri sejumlah pimpinan perusahaan besar di Sulsel, Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Wilayah Sulawesi, Kepala Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Sulawesi.

Hasil penilaian kinerja perusahaan terhadap lingkungan yang ramah dan berkelanjutan di Sulawesi Selatan tahun 2018-2019 berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK.1049/MENLHK/SETJEN/PKL.4/12/2019 menetapkan lima perusahaan memperoleh peringkat hijau, masing-masing PT. Vale Indonesia, tbk; PT Semen Tonasa, PT Pertamina DPPU Hasanuddin, PT Pertamina TBBM Palopo, PT Pertamina TBBM Makassar dan sisanya sebanyak 29 perusahaan lainnya yang dapat peringkat biru.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah melalui Sekretaris Daerah, Abdul Hayat dalam sambutannya mengatakan bahwa memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada perusahaan yang telah dinyatakan berkinerja baik terhadap pengelolaan lingkungan yang baik dan berkelanjutan. Nurdin Abdullah meminta agar perusahaan yang ada di Sulsel terus berkonstribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, membuka lapangan kerja dan ikut terus mendorong percepatan pembangunan di Sulsel.

Kehadiran  para perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang di sulsel itu turut mendorong hadirnya kesejahtraan masyarakat dan tak kalah pentingnya adalah menatakelola perusahaan dengan menjaga lingkungan yang ramah dan berkelanjutan, ikut serta memperkuat pengelolaan pengembangan hayati dan pemberdayaan masyarakat. Bahkan pertumbuhan ekonomi sulsel  7.2 persen diatas nasional 5.1 persen serta inflasi diangka terkendali 3.1 persen itu karena adanya konstribusi dari para investor yang bergerak dalam berbagai bidang di Sulsel, lanjut Abdul Hayat.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Andi Hasdullah menjawab pertanyaan media mengatakan bahwa Award PROPER ini adalah anugerah bergensi bagi tatakelola usaha yang ramah lingkungan berkelanjutan, karena hasil proper itu diumumkan ke ruang publik termasuk pasar sehingga usaha yang berprestasi lingkungan itu tidak saja dapat penghargaan dari pemerinrah tapi juga dapat penghargaan dari masyarakat dan pasar.

Hasdullah meminta dan mendorong kepada para perusahaan untuk naik kelas peringkat. Kita minta yang dapat merah naik jadi biru, naik jadi hijau dan sampai dapat top gold/emas PROPER. Kita akan terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap tatakelola usaha yang tidak hanya berorientasi profit semata tapi juga berorientasi lingkungan yang baik dan Berkelanjutan, lanjut Hasdullah.

Selasa, 18 Februari 2020 (AH, diskominfo)