Makassar, sulselprov.go.id - Memperingati Hari Ulang Tahun Sulawesi Selatan ke-355, sejumlah rangkaian kegiatan digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Salah satunya Mandala Festival 2024 'Sound of Humanity' yang digelar di Pelataran Monumen Mandala, Makassar, Sabtu malam, 12 Oktober 2024.

Jufri Rahman mengatakan, kegiatan ini adalah konser amal untuk mendukung perjuangan Palestina yang digagas oleh Dompet Dhuafa Sulsel bekerja sama dengan UPT Monumen Mandala dan didukung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

"Tadi Pak Gubernur sudah memberi contoh kepada kita untuk berdonasi, teman-teman OPD juga berdonasi. Yah mudah-mudahan kegiatan seperti ini terus berjalan," ujarnya.

Ia menjelaskan, yang harus dipahami bersama bahwa perang yang terjadi di Palestina bukanlah konflik agama, melainkan konflik terkait kemanusiaan. 

Dengan begitu, upaya konser amal ini sebagai bentuk kepedulian berdasarkan Ukhuwah Insaniyah atau persaudaraan sesama umat manusia.

"Kita tidak boleh meninggalkan rakyat Palestina sendirian, tapi harus dipahami bahwa perang Palestina itu bukan perang agama, bukan. Itu adalah soal kemanusiaan. Karena, orang-orang disana itu ada juga orang Kristen yang jadi korban juga," terangnya.

"Ini juga harus dipahami yang kita butuhkan adalah seperti yang disampaikan Pak Gubernur tadi bahwa kita itu dipersatukan oleh Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam), Ukhuwah Wathaniyah (Persaudaraan sesama anak bangsa), dan Ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama manusia). Jadi mungkin kalau kita bicara Palestina lebih kepada ukhuwah insaniyah itu," tegasnya.

Kegiatan konser amal kemanusiaan untuk rakyat Palestina dan masyarakat Sulsel tersebut dihadiri langsung Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Arief Fakrulloh, Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Jufri Rahman, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Ninuk Triyanti Zudan, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sulsel Melani Simon, dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel, serta Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sulsel Pandu Heru Satrio. (*)