Tana Toraja, sulselprov.go.id - Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Jufri Rahman, menghadiri peringatan HUT Tana Toraja ke-67 dan HUT Toraja ke-777, yang dipusatkan di Plaza Kolam Makale, Senin, 16 September 2024. Ia didampingi sejumlah pejabat lingkup Pemprov Sulsel, diantaranya Staf Ahli Erna Since Lamba, Kepala Pelaksana BPBD Sulsel Amson Padolo, Kepala Bidang Komunikasi dan Humas Diskominfo SP Sulsel Fitra, dan Kepala UPTD Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Wilayah 2 DBMBK Provinsi Sulsel, Khalid.

Atas nama Pemerintah Provinsi Sulsel, Jufri Rahman mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah, DPRD, dan masyarakat Tana Toraja. Ia berharap, HUT Tana Toraja ke-67 dan HUT Toraja ke-777 yang mengusung tema Misa' Kada Dipotuo, Pantan Kada Dipomate (Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh), menjadi momentum untuk memperkuat persatuan dan kebersamaan.

"Saya berharap masyarakat Tana Toraja tetap menjaga kekompakan demi mencapai cita-cita yang lebih baik, aman, dan sejahtera," ucap Jufri Rahman yang mewakili Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh.

Jufri Rahman mengaku sangat bangga melihat masyarakat Toraja yang terus menjaga nilai-nilai budaya dan tradisi yang luhur di tengah dinamika zaman yang terus berubah. Warisan budaya seperti upacara Rambu Solo, Ma’nene, dan Rumah Adat Tongkonan tidak hanya menjadi simbol identitas, tetapi juga menunjukkan betapa kuatnya komitmen masyarakat Toraja dalam merawat tradisi yang sudah turun-temurun.

"Tradisi yang sarat dengan nilai-nilai kehidupan dan keharmonisan ini mengantarkan Toraja menjadi salah satu ikon pariwisata di Indonesia yang mendunia. Keindahan alam yang luar biasa, menjadikan Toraja sebagai destinasi wisata yang selalu menarik perhatian, baik wisatawan domestik maupun mancanegara," terangnya.

Melalui momentum ini pula, Staf Ahli Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) ini juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja beserta jajaran, Forkopimda, Forkopimcam, para lurah, para kepala desa/lembang, dan seluruh lapisan masyarakat Tana Toraja atas kerja keras dan dedikasi yang telah diberikan dalam membangun daerah ini.

"Kemajuan yang dicapai hingga saat ini tidak lepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat dan para pemimpin-pemimpin pada masanya. Saya yakin dan optimistis, dengan sinergitas dan kekompakan masyarakatnya, Kabupaten Tana Toraja akan terus maju dan berkembang di masa-masa mendatang," ucapnya. (*)