Tangerang, sulselprov.go.id - Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Pembina Posyandu Provinsi Sulawesi Selatan, Ninuk Triyanti Zudan, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Posyandu, yang dilaksanakan di ICE BSD, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin, 26 Agustus 2024. Rakornas ini dibuka Ketua Umum Pembina Posyandu, Tri Tito Karnavian.

Rakornas yang mengusung tema Transformasi Posyandu Sebagai Lembaga Kemasyarakatan Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat ini dihadiri oleh para Ketua Pembina dan Pengurus Posyandu dari seluruh Indonesia.

Di sela Rakornas, Ninuk Zudan mengajak peserta, khususnya dari Sulawesi Selatan, untuk memulai transformasi pengembangan Posyandu, sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

"Sudah saatnya Posyandu difungsikan, bertransformasi sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Mari kita memulainya dengan semangat dan doa," kata Ninuk Zudan.

Sementara, Ketua Umum Pembina Posyandu, Tri Tito Karnavian, dalam sambutannya mengungkapkan tantangan baru sebagai Ketua Pembina Posyandu yang akan mengalami transformasi dengan enam bidang SPM yang sudah dekat.

"Posyandu akan berdiri sendiri dengan logo baru dan cakupan yang lebih luas berkat keluarnya Permendagri yang lebih spesifik," ujarnya.

Rakornas Posyandu 2024 ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan dengan tujuan menyamakan visi dan misi dalam melaksanakan tugas serta membahas Rencana Strategis (Renstra) dan Petunjuk Teknis (Juknis) pelaksanaan program Posyandu. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara berbagai pihak dalam mendukung kesejahteraan masyarakat melalui Posyandu. (*)