Makassar, sulselprov.go.id - Hari Anak Nasional menjadi momentum yang tepat untuk menginspirasi dan mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia. RSKD Ibu dan Anak Pertiwi berperan aktif dalam memastikan kesejahteraan anak-anak dengan menawarkan pemeriksaan tumbuh kembang secara gratis di acara CFD Sudirman. 

RSKDIA Pertiwi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan kegiatan Pemeriksaan Tumbuh Kembang Anak di depan RSKDIA Pertiwi, Car Free Day Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Minggu 21 Juli 2024. 

Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional ke-40 Tahun 2024 Tingkat Provinsi Sulsel. Diketahui, tema Hari Anak Nasional Tahun  2024, Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Sementara Subtema yang diangkat, Sulsel Rumah Kita, Semua Anak Terlindungi dan Bahagia. 

Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Ninuk Triyanti Zudan, meninjau langsung lokasi pemeriksaan. Mereka juga tampak berinteraksi dan anak-anak begitu bahagia. Apalagi disediakan wahana bermain anak. 

Prof Zudan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh RSKD Ibu dan Anak Pertiwi ini.

“Hari ini kita menggabungkan empat kegiatan di acara Car Free Day Sudirman. Diantaranya, dalam rangkaian Hari Anak, Rumah Sakit Pertiwi melaksanakan pemeriksaan tumbuh kembang anak,” ujarnya.

Sementara, Direktur RSKD Ibu dan Anak Pertiwi, dr. Rivayanti Nawawi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai arahan Pj Ketua Tim Penggerakan PKK Sulsel Ninuk Triyanti Zudan dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional. 

“RSKD Ibu dan Anak Pertiwi melaksanakan pemeriksaan tumbuh kembang anak secara gratis yang dilakukan bersama tim RSK Pertiwi dan dokter spesialis anak,” ujarnya. 

Rivayanti menyebutkan, pemeriksaan ini menyasar baduta dan balita. Mulai dari anak usia dibawah 1 tahun, usia 1-3 tahun, dan anak usia 3-5 tahun. 

“Kami memeriksakan tidak hanya kelainan pada tumbuh kembang anaknya. Dilakukan pula pemeriksaan secara normal dulu, diantaranya pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, kita periksakan semua,” paparnya. 

Bilamana ditemukan adanya kelainan pada tumbuh kembang anak, maka pihaknya akan ditindaklanjuti untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. 

“Pemeriksaan tumbuh kembang anak ini sudah menjadi salah satu pemeriksaan di Poli Anak. Untuk hari ini kami buka event secara gratis. Alhamdulillah, antusiasme orang tua memeriksakan anaknya hari ini sangat tinggi. Target kami kurang lebih 100 anak, tapi saat ini sudah lebih dari 100 anak,” jelasnya.

Melalui inisiatif ini, dapat memberi perhatian dan kasih sayang yang dibutuhkan anak-anak, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi penerus yang sehat, cerdas, dan berakhlak mulia. 

“Mari bersama-sama mewujudkan masa depan yang cerah bagi anak-anak Indonesia,” imbau Prof Zudan. (*)