Rombongan delegasi Indonesia yang dipimpin langsung Dirjen IKP Kementerian Kominfo, Prof. DR. Widodo Muktiyo tiba di negeri Jiran Malaysia (25/11/2019) beserta 7 orang lainnya anggota delegasi dari unsur official yang diwakili Kadis Kominfo Prov. Sulsel, Kadis Kominfo Prov. Aceh dan dari unsur KIM yang mewakili dari Jateng, Jabar, NTT dan Aceh.

"Kunjungan kerja delegasi Indonesia adalah kerjasama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Kementerian Komunikasi dan Multimedia Malaysia dalam rangka berbagi pengalaman dalam penguatan kelompok informasi masyarakat (KIM) terutama dalam menangkal berita hoax dan menjadi media informasi yang mengedukasi publik," ungkap Kadis Kominfo Sulsel, Andi Hasdullah dalam rilisnya, Rabu (27/11/2019).

"Kedatangan delegasi disambut langsung Director International Relation Division Departemen of Information Malaysia, Puan Norkhanizan Manaf,"imbuhnya.

Kunjungan hari pertama, Selasa (26/11/2019), Dirjen Informasi dan Komunikasi, Prof. DR. Widodo Muktiyo mengawali dengan berkunjung ke Kedutaan Indonesia di Malaysia yang diterima oleh Krishna K.U. Hannan, Wakil Duta Besar RI.

"Perbincangan beliau berdua sangat produktif," kata Hasdullah. l

Dalam kunjungan itu, undangan diajak untuk melihat langsung layanan pengurusan pasport dan visa untuk rakyat Indonesia yang ada di Malaysia yang sudah dilakukan dengan tatakelo digital sehingga layanan yang diberikan cukup produktif dan terukur.

Dengan sistem layanan itu, lanjut Hasdullah, tak ada lagi ruang calo dan markup biaya dan dari aspek waktu standar hanya tiga hari saja, urusan pasport sudah selesai.

Rata-rata, Kedutaan Malaysia memberi layanan publik sekitar 600- 800 orang perhari dan bekerja sampai malam hari.

Pak Prof Widodo yang didampingi Hasdullah, Kadis Kominfo Sulsel menyempatkan diri melihat langsung seluruh tahapan proses layanan kedutaan dan memberikan apresiasi atas kinerja layanan digital yang ada. Lebih dari itu juga apresiasi komitmen para pegawai kedutaan yang fokus dalam melayani rakyat Indonesia dan sekaligus upaya kedutaan dalam memberikan perlindungan warga Indonesia yang ada di Malaysia, termasuk upaya-upaya kedutaan dalam memperkuat hubungan kedua negara yang saling menguntungkan antara Indonesia dan Malaysia.

Rabu, 27 November 2019 (diskominfo)