Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Prov Sulsel, Andi Hasdullah dalam releasenya ke media hari Minggu, 19/01/2020 kembali menjelaskan tentang kinerja sekolah berbudaya dan peduli lingkungan atau yang disebut ADIWIYATA, bagaimana bisa menjadi gerakan seluruh sekolah di Sulsel, termasuk menghadirkan suasana belajar mengajar yang berkualitas, nyaman, bersih dan sehat yang akan melahirkan siswa-siswi yang cerdas.

Urgensi Adiwiyata sekolah sangat strategis untuk menghadirkan lingkungan hidup yang ramah dan berwawasan lingkungan. "Betapa tidak, sekolah yang bersih, sehat dan ramah itu bisa menjadi contoh bagi pemukiman lingkungan sekolah, menciptakan pribadi siswa secara dini yang peduli lingkungan yang akan melahirkan relawan Adiwiyata ditengah masyarakat,"ungkap Hasdullah.

"Melihat capaian sekolah yang berhasil masuk kategori Adiwiyata provinsi dari jumlah 10 ribuh lebih sekolah SD/SMP/SMU/SMK baru sekitar 5% yang mencapai Adiwiyata Provinsi, 1.2% untuk kategori Adiwiyata Nasioanal, sedangkan Adiwiyata Nasional Mandiri capain baru pada angka 0.34%,"jelasnya.

"Melihat angka capaian kinerja itu sangat rendah atau bisa kita katakan kebanyakan sekolah dalam berbagai tingkatan di Susel kurang peduli dengan pengelolaan lingkungan sekolah Adiwiyata. Kita lihat progres angka capaian Adiwiyata tergolong kinerjanya rendah sehingga sekolah ini harus dibangunkan dari tidurnya yang lelap," kata Hasdullah.

"Kita akan mencoba kordinasi dengan seluruh bupati, walikota, diknas, dan melaporkan ke Pak Gubernur Nurdin Abdullah kondisi ini dan DPLH Sulsel akan mendorong ada satu kebijakan yang memuat bahwa seluruh kepala sekolah dibuatkan kontrak kerja paling lama 2 tahun harus menghadirkan sekolah Adiwiyata. Ini akan menjadi salah satu evaluasi kinerja para kepsek. Bagi yang tidak mencapai tentu jabatan itu harus ditinjau kembali,"tegasnya.

Hasdullah menambahkan, sekarang ini atensi Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Liest F Nurdin sangat konsen untuk lingkungan sekolah bersih, sehat, ramah dan berkelanjutan. "Kita akan terus bersinergi dengan Pokja 4 PKK Prov Sulsel dan melihat langsung kondisi sekolah di Sulsel,"tutup Hasdullah.

Minggu, 19 Januari 2020 (Kadis DPLH, Andi Hasdullah)