Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar rapat bersama pihak Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Sulawesi. Rapat berlangsung di ruang Kadis DPLH yang dipimpin langsung oleh Kadis DPLH Sulsel, Andi Hasdullah, Selasa (04/02/2020).

Hasdullah menyebut bahwa perhutanan sosial harus diperkuat untuk menjaga pelestarian lingkungan, khususnya di wilayah perhutanan sosial. "Bagaimana kita bisa berdayakan komunitas masyarakat pengelola perhutanan sosial itu sehingga dalam masyarakat muncul rasa memiliki, mereka menjaga perhutanan miliknya, mereka mendapat hasil dan perbaikan ekonomi dari perhutanan sosial yang mareka jaga dan pelihara sendiri yang ujungnya adalah masyarakat itu menyatu dengan kawasan perhutanan sosial sekitarnya," beber Hasdullah.

Hasdullah menambahkan bahwa ada tiga rangkaian yang harus diintervensi, yakni yang pertama adalah memberikan aspek legalitas komunitas perhutanan sosial dari pemerintah, kedua meningkatkan kapasitasnya melalui edukasi yang berkelanjutan dan ketiga adalah optimalisasi pengelolaan sosial ekonomi yang dapat menghadirkan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Selasa, 04/02/2020 (AH)