Kemeriahan malam Ramah Puncak HUT Ke-348 Sulawesi Selatan berlangsung di Stadion Barombong, Kamis (19/10/17). Konsepnya, dimulai dengan tarian kolosal oleh ribuan siswa se-Sulsel, yang bercerita tentang perahu pinisi Sulsel ditampilkan dengan tata lampu apik dan futuristik. 

Gambar perahu pinisi dan tulisan Sulsel gemilang ditampilkan di tengah lapangan. Lapangan rumputtersebut ibarat layar besar dan juga ikon Baso dan Besse ditampilkan dalam bentuk hologram yang menggunakan media air mancur. 

Makin meriah, setelah ditampilkan video klip lagu Sulawesi Parasanganta, yang dinyanyikan oleh gubernur, wakil gubernur dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel serta visual kakayaan budaya dan alam Sulsel. 

Selanjutnya, disajikan gambar pembangunan di Sulsel termasuk proyek kereta api yang diiringi lagu Indonesia Raya. Sontak, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo turun dari panggung utama menuju panggung lainnya dan bersama-sama menyanyikan Indonesia Pusaka.  

Dengan singkat, Gubernur Syahrul mengatakan, malam ramah tamah ini menyempurnakan rangkaian hari jadi Sulsel. "Malam ramah tamah ini menyempurnakan hari jadi ke-348, ini bagian dari menyatukan kita semua sebagaj pilar utama Indonesia," katanya.

Syahrul juga juga mengajak masyarakat untuk membawa Sulsel lebih maju,  modern dan mandiri, dan tetap mengantarkan Sulsel tetap menjadi provinsi terbaik. 

SYL menyebutkan Sulsel adalah provinsi tua yang ikut melahirkan Indonesia. Sulsel telah mencatatkan sejarah kejayaan di masa lalu dan kejayaan ini diwariskan hingga sekarang

"Oleh karena itu Sulsel mampu menjawab tantangan kapan pun. Kita ditopang oleh masa lalu yang gemilang,  masa sekarang gemilang karena kita,  dan besok pasti gemilang untuk menjadi pilarnya Indonesia," harapnya. 

Pencapaian Sulsel sejauh ini karena dukungan berbagai unsur lapisan masyarakat masyarajak Sulsel. Sehingga tercipta pertumbuhan ekonomi yang baik,  kehidupan sosial tentram dan damai. 

Usai memberikan sambutan, SYL bersama Forkopimda melakukan peniupan lilin sebagai peringatan hari jadi Sulsel ke-348.

Terpilihnya Stadion memiliki makna penting bagi Sulsel, stadion ini adalah stadion baru  dan terbaik yang dimiliki masyarakat Sulsel.

Dua pemerintah provinsi memberikan persembahan bagi Sulsel yaitu tarian Doger Kontrak dari Jawa Barat serta Siwalima Grup dari Maluku.  Band Armada yang hitz dengan lagu "Asal Kau Bahagia" tampil sebagai penutup acara.

Kamis, 19 Oktober 2017 (Ak/Na)