Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani mengikuti rapat koordinasi Monitoring Control for Prevention (MCP) 2021 Satgas KPK Wilayah Sulsel, yang dilaksanakan melalui virtual zoom di Baruga Lounge Kantor Gubernur, Kamis, (21/1)

Abdul Hayat Gani mengatakan kedepan pajak kendaraan bermotor tidak menjadi satu-satunya sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tapi optimalisasi asetlah yang menjadi harapan untuk kesejahteraan masyarakat Sulsel.

"Jadi Kedepannya Sumber PAD bukan hanya dari pajak kendaraan bermotor melainkan optimalisasi asetlah yang menjadi harapan untuk kesejahteraan masyarakat Sulsel, karena kita sendiri mempunyai aset yang sangat besar,"ungkapnya.

Ia menekankan seluruh Sekda dan zinspektorat Kabupaten dan Kota se Sulsel mempunyai tanggung jawab mengawal dan menyelamatkan aset daerah.

"Sekretaris Daerah, Inspektorat Kabupaten Kota, dibutuhkan untuk mengawal dan menyelamatkan  aset daerah, APBN/APBD, untuk kepentingan bangsa dan negara, dan untuk kepentingan rakyat," tegasnya.

Abdul Hayat Gani juga mengaku optimalisasi aset harus terus dilakukan agar aset-aset tersebut tidak tidur.

"Optimalisasi aset dilakukan agar aset-aset tersebut tidak tidur, dan bisa jadi sumber pendapatan,"Ucapnya.

Ia Menambahkan bagaimana mengatur dengan baik pengadaan barang dan jasa, perencanaan dan penganggaran APBD, tata kelola dana desa, serta kapabilitas APIP yang harus dipastikan. 

"Karena memang ujung tombaknya ini adalah Inspektorat," tambahnya.

"Pelayanan terpadu satu pintu, dan optimalisasi Pendapatan daerah. Inilah yang menjadi fokus yang diprogramkan oleh MCP, yang merupakan alat kontrol nantinya untuk memudahkan pengawasan kita semua,"tutupnya.

Turut mendampingi Sekprov Sulsel, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Sset Daerah (BPKAD) Sulsel Rasyid.

Kamis, 21 Januari 2021