Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Sulawesi Selatan, Ilham A Gazaling, membuka pelatihan bagi OPD penggerak PPRG kabupaten/kota di Hotel Gammara Makassar.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 9-10 September 2019 ini dihadiri langsung Asisten Deputi Bidang Kesetaran Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Niken Kiswandari. 

Juga dihadiri OPD Penggerak PPRG yaitu Bappeda, BPKD, Dinas PPPA dan Inspektorat dari 10 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan seperti Takalar, Gowa, Jeneponto, Barru, Pinrang, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Kota Palopo, dan Bone.

Pelatihan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Penggerak ini, bertujuan untuk memetakan dan mengevaluasi peran strategis di masing-masing OPD Penggerak, dalam percepatan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG), melalui PPRG dan menyusun rencana aksi strategis di seluruh OPD Penggerak dalam rangka percepatan pelaksaan PUG di daerah.

Ilham A Gazaling menegaskan pentingnya seluruh OPD penggerak PPRG untuk menggerakkan roda PUG secara aktif, dan sinergis dengan seluruh pelaksana PUG, baik itu pemerintah maupun non pemerintah terutama bagi kabupaten/kota yang masih rendah dalam hal pelaksanaan tujuh prasyarat PUG.

"Sinergitas harus senantiasa dibangun dengan seluruh sektor termasuk juga masyarakat dalam hal ini lembaga masyarakat, akademisi, media, dan dunia usaha karena isu-isu yang berkembang saat ini di masyarakat terkait perempuan dan anak sangat membutuhkan kerja sama dan intervensi yang sangat multi sektoral," ungkapnya. 

Ilham menutup, dengan pesan kepada seluruh peserta untuk mengaktifkan kelembagaan PUG di daerah masing-masing dan mendorong daerah untuk menyusun regulasi terkait Pengarusutamaan Gender (PUG) terutama perda sebagai tonggak utama pelaksanaan PUG di kabupaten/kota.

Senin, 9 September 2019  (DP3A/Diskomimfo)