"Indonesia akan menjadi salah satu negara besar di dunia kini terus bergeliat melakukan percepatan pembangunan di berbagai sektor. Dengan populasi penduduk sekitar 268 juta jiwa, setidaknya ada tiga faktor utama yang akan menjadi kekuatan Indonesia dimana kekuatan itu juga ada di Malaysia," kata Andi Hasdullah, Kadis Kominfo Sulsel dalam lawatannya ke Negeri Malaysia, Rabu (27/11/2019).

Ia menyebut, faktor pertama yakni bangsa Indonesia adalah penduduk yang memiliki kekuatan spritual. "Ada kekuatan spritual dalam membangun bangsanya yang mengajarkan karakter persatuan yang kuat, nasionalisme dan patriotisme yang kuat dalam persaingan globalisasi, lalu kemudian yang kedua adalah ada kekuatan budaya nilai yang berlaku di masyakat yang mengajarkan adab dan tatakrama yang tegas yang pantang menyerah untuk maju sejajar dengan dunia maju lainnya.

Kita punya bangsa yang memiliki semangat pembelajar, lanjut Hasdullah, kita terus belajar, pemerintah terus mencerdaskan dan mengedukasi publik untuk meraih ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang dengan sangat cepat.

"Tiga faktor kekuatan besar inilah yang akan menjadi pendorong utama Indonesia akan maju menjadi negara besar yang maju dan modern diantara pergaulan dunia internasional, dan dalam posisi itu Malaysia akan menjadi mitra strategis Indonesia karena kekuatan utama Malaysia memiliki kesamaan dengan Indonesia," sebut Hasdullah.

"Kita berharap kerjasama antar kedua negara semakin berkembang pesat dalam berbagai bidang untuk meraih status negara maju dan makin disegani dalam pergaulan dunia internasional," tutup Hasdullah.

Kunjungan ke Malaysia Delegasi Indonesia ini merupakan kerjasama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Kementerian Komunikasi dan Multimedia Malaysia dalam rangka berbagi pengalaman dalam penguatan kelompok informasi masyarakat (KIM).

Rabu, 27 November 2019 (diskominfo)