Jalan terputus di Kabupaten Bone di lokasi jalan longsor yang berada di desa Ponre-ponre, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, saat ini untuk pembangunan jembatan penghubung sementara hari ini, Sabtu (23/6/2018) akan rampung dan sudah bisa digunakan untuk menghubungkan desa-desa yang ada. Termasuk untuk penyaluran logistik Pilkada Serentak.

"Jembatan sudah hampir rampung kemungkinan bisa selesai hari ini. sementara jalan yang baru dibikin juga diupayakan pengerasannya," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sulsel, Jumras.

Jembatan darurat tersebut dibuat dengan memanfaatkan material setempat dan sejumlah alat berat dikerahkan ke lokasi dan mulai dikerjakan Kamis (21/6).

Jembatan darurat yang dibangun sepanjang 15 meter, sedangkan jalan yang longsor sepanjang 30 meter.

"Kami membangun jembatan darutat dengan memotong pohon yang ada di sekitar lokasi," kata Jumras.

Jembatan Bailey (Belly) yang merupakan  jembatan rangka baja ringan berkualitas tinggi, yang mudah dipindah-pindah (movable) atau jembatan sementara bisa menjadi solusi selanjutnya akan dihadirkan.

"Kami ambil tindakan darurat sambil membuat jembatan darurat yg lebih baik," kata Jumras yang turun langsung ke lapangan.

Sementara, untuk pembangunan jalan permanen beton, juga sudah dibicarakan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone setempat.

Jalan tersebut terputus karena intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir.

Sabtu, 23 Juni 2018 (Srf/Er)