Bulukumba, sulselprov.go.id - PT Pegadaian Kanwil VI Makassar kembali wujudkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui kegiatan Transpalantasi Karang yang dilaksankan Pada tanggal 10 Agustus 2024 bertempat di Kawasan Dego-Degona Bira, Desa Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan menjelang World Habitat Day yang akan jatuh pada tanggal 07 Oktober 2024 nanti. 

Kegiatan tersebut terlaksana atas Kerjasama Bagian TJSL PT Pegadaian Kanwil VI Makassar dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Darubiah. Pelestarian Terumbu karang sejalan dengan Tujuan 14 dalam Sustainable Develpoments Programs (SDGs) yaitu melestarikan dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumber daya kelautan dan samudera untuk pembangunan berkelanjutan. Mengingat terumbu karang memiliki fungsi yang sangat penting bagi bumi dan manusia. Terumbu karang menghasilkan lebih dari 50% oksigen yang ada di Udara.

Kepala Departemen Business Support PT Pegadaian Kanwil VI Makassar yang membawahi bagian TJSL, Iwan Darmawan menyampaikan apresiasi dan harapan pada pembukaan kegiatan tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini dan harapan kita bersama mudah-mudahan ini berkelanjutan, kedepannya ini sangat berguna untuk kita teruskan dan jalankan dalam bentuk kegiatan apapun itu yang sifatnya mendukung program berkelanjutan” Ujar Iwan

“Pada kegiatan ini, Pegadaian selain menyerahkan bantuan dalam bentuk sarana dan media transplantasi karang, tetapi juga maintenance karang untuk jangka Waktu hingga 16 bulan. Diperkirakan dari 50 media yang digunakan untuk transplantasi Karang, akan menghasilkan sekitar 1.200 anakan karang.” Tambah Iwan

Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa anggota komunitas pencinta alam, baik dari pemuda maupun sekolah yang juga mendapatkan edukasi dari penggiat pelestarian karang, Gaiaone dan Indo ocean project. Selain itu perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kab Bulukumba, Dinas Pariwisata Kab Bulukumba dan Pemerintah Desa juga turut hadir untuk memberikan dukungan terhadap kegiatan ini.

Melalui program TJSL, Pegadaian Kanwil Makassar berkomitmen untuk terus melaksanakan berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat sebagai wujud Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. (*)