Makassar, sulselprov.go.id - Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Jufri Rahman, menghadiri pelantikan pengurus Indonesia Off-Road Federation (IOF) Provinsi Sulsel, yang dilaksanakan di Cafe Ombak, Jalan Ujung Pandang, Rabu, 4 September 2024. Ia berharap, IOF bisa mendukung pemerintah dalam pengembangan pariwisata dan pelestarian lingkungan.

"IOF Sulawesi Selatan memiliki peran strategis dalam mempromosikan olahraga dan kegiatan off-road yang tidak hanya memberikan hiburan dan tantangan, tetapi kami berharap juga mendukung pemerintah dalam beberapa hal, diantaranya pengembangan pariwisata dan pelestarian lingkungan," kata Jufri Rahman.

Ia mengungkapkan, dengan menggelar event-event off-road, dapat memperkenalkan tempat-tempat wisata baru di daerah, serta menarik lebih banyak wisatawan. Sekaligus, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui peningkatan pendapatan bagi UMKM dan penciptaan lapangan kerja.

"IOF Sulawesi Selatan juga dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam melaksanakan program-program pelestarian lingkungan seperti edukasi dan kampanye kepada masyarakat akan pentingnya melestarikan lingkungan sekitar. Serta memastikan kegiatan off-road yang kita laksanakan merupakan kegiatan yang ramah lingkungan dan tidak berdampak negatif terhadap alam," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jufri Rahman juga menyampaikan permintaan maaf dari Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, yang tidak dapat hadir. Ia berharap kepada para pengurus baru yang dilantik dapat membawa inovasi dan terobosan yang positif, serta mengimplementasikan program-program yang dapat memajukan komunitas off-road di Sulawesi Selatan.

"Selamat dan sukses kepada saudara-saudara yang telah dipercaya untuk mengemban amanah sebagai pengurus. Kepercayaan ini tentunya bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi yakin dengan dedikasi, semangat, dan kerja keras, para pengurus terpilih akan mampu menjalankan tugas dengan baik," ucapnya.

Jufri Rahman juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas segala upaya yang telah dilakukan oleh pengurus sebelumnya dalam membangun dan mengembangkan IOF di Sulsel. 

"Kesuksesan yang telah dicapai harus menjadi modal berharga untuk terus melangkah maju dan menghadapi tantangan ke depan. Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan olahraga off-road di Sulsel dengan penuh semangat," imbuhnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua IOF Pusat Irjen Pol (Purn) Sam Budi Gusdian, Danlantamal VI Brigjen TNI Andi Rahmat, dan Kapoksahli Brigjen TNI Tri Sakti. (*)