Jakarta, sulselprov.go.id - Pangkajene Sidenreng yang merupakan ibukota Kabupaten Sidenreng Rappang, berhasil mempertahankan Piala Adipura Kategori Kota Kecil tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

Penganugerahan adipura berlangsung di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2023). 

Penjabat (Pj) Bupati Sidrap, H. Basra hadir langsung menerima penghargaan. Turut hadir Pj. Sekretaris Daerah Sidrap, Muhammad Yusuf DM, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sidrap, Muhammad Yusuf, dan pejabat terkait.

Basra menyatakan rasa syukur dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerja bersama sehingga piala adipura bisa dipertahankan.

“Prestasi ini dicapai berkat kerja keras jajaran pemerintah serta dukungan segenap elemen masyarakat. Semoga bisa dipertahankan dan ditingkatkan,” ujar Basra.

Penyerahan penghargaan adipura tahun 2023 dipimpin Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin didampingi Menteri LHK, Siti Nurbaya. Tampak pula Wakil Menteri LHK, Alue Dohong, serta Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Rosa Vivien Ratnawati.

Ma'ruf Amin mengucapkan selamat kepada para kepala daerah penerima Penghargaan Adipura Tahun 2023. Menurutnya, penghargaan itu representasi kesungguhan dalam mengatasi persoalan lingkungan pada umumnya, juga persoalan sampah dan ruang terbuka hijau pada khususnya. 

"Tentu ke depan saya harapkan program ini dapat terus diperkaya dengan ragam inovasi, sehingga mampu menyesuaikan dengan dinamika zaman serta perubahan arah kebijakan," ujarnya.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menjelaskan, Adipura merupakan agenda nasional yang telah bergulir sejak tahun 1986. Pemberian penghargaan Adipura 2023 dilakukan berdasarkan hasil pemantauan fisik kota, penilaian kinerja pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau (RTH), penilaian kondisi operasional dari TPA, serta melihat inovasi yang dilakukan daerah dalam mewujudkan kota bersih, teduh dan berkelanjutan.

"Adipura merupakan penghargaan kota yang berhasil dalam kebersihan, serta pengelolaan lingkungan perkotaan dengan tujuan kepemimpinan dan komitmen pemerintah kota/kabupaten serta membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk berperan menyelaraskan pembangunan ekonomi hijau, fungsi sosial dan fungsi ekonomi pembangunan dengan menerapkan prinsip tata pemerintah yang baik bagi kota berkelanjutan," kata Siti.

Sebagai informasi, di tahun 2023 lalu, Pangkajene Sidenreng juga menerima Piala Adipura Kategori Kota Kecil untuk penilaian tahun 2022. Penghargaan serupa diraih tahun 2019, sebelum penganugerahan mengalami moratorium atau penundaan selama dua tahun akibat pandemi covid-19. (*)