Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Moh. Hasan Sijaya menegaskan hal yang pertama dan utama yang harus ada di mindset para pegawai yang bekerja di Dinas Perpustakaan adalah bahwa kelembagaan perpustakaan itu penting.

“Tanpa perpustakaan Palopo ini tidak ada nilainya, Lihatlah di kota-kota besar terutama di luar negeri, mereka membangun dan memberi perhatian terhadap keberadaan perpustakaan di Kotanya,” kata Hasan Sijaya ketika melakukan pertemuan dengan para pejabat dan pegawai di jajaran Dinas Perpustakaan Kota Palopo, Jumat (15/1).

Ia menyebutkan kehadirannya untuk membangkitkan semangat juang literasi.

"Kehadiran saya di sini ingin membangkitkan semangat juang kita sebagai pejuang literasi, dengan tagline mencerdaskan anak bangsa dari desa,”sebutnya 

Hasan Sijaya memita kepada para pegawai DPK untuk menanamkan bahwa kelembagaan arsip itu penting.

“Kalau kau mau budayamu terjaga tidak hilang, jaga dan pelihara arsipmu. Kalau kau tidak mau berhadapan dengan hukum perbaiki arsipmu” kata Hasan Sijaya 

Pada kesempatan itu, Kadis DPK Sulsel juga mendorong untuk terus menunjukkan kinerja terbaik dengan melahirkan berbagai program dan inovasi.

“Tidak perlu kita meminta untuk diperhatikan. Tapi perbaiki kinerjamu, lakukanlah sentuhan-sentuhan, buatlah inovasi-inovasi.sehingga legitimasi formal dari pimpinan khususnya Walikota pasti kita dapatkan, dan jangan lupa bermain dengan media, sehingga apa yang kita lakukan diketahui oleh masyarakat,"Pungkasnya.

Ia menambahkan DPK Provinsi Sulsel, yang dulu tidak dilirik, sekarang menjadi salah satu dari 5 OPD yang paling diperhitungkan

"Keberhasilan yang diraih DPK Provinsi Sulsel, yang dulu tidak dilirik orang sekarang menjadi salah satu dari 5 OPD yang diperhitungkan dari 54 OPD di Sulsel, berkat semangat kerja yang harus ditularkan ke kabupaten dan kota sesulsel"tambahnya.

"Sinergi antara DPK provinsi dan kabupaten/kota harus terus dibangun, antara lain dengan menempatkan beberapa kegiatan DPK Provinsi baik di bidang perpustakaan maupun kearsipan untuk dilaksanakan di Kota Palopo, seperti Bimtek, Bedah Buku dan Roadshow Pembudayaan Kegemaran Membaca."tutupnya.

Jumat, 15 Januari 2021